Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop - Tidak bisa kita pungkiri lagi, komputer maupun laptop yang selama ini kita gunakan untuk aktifitas / bekerja / mengerjakan tugas sekolah akan mengalami penurunan kinerja pada komponen hardware, hal ini juga berpengaruh pada sistem operasi yang di gunakan maupun perangkat lunak yang kita pasang/instal.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop

Apabila komputer atau laptop yang kita gunakan sudah mulai lemot / lambat tentu sangat menguji kesabaran kita. Tidak heran apabila ada orang yang jengkel mengerjakan tugas sekolah / kantor menggunakan komputer / laptop dengan kondisi komputer / laptop yang lemot/lelet. Tidak mengherankan apabila banyak yang mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer yang kinerjanya super lambat.
Sebenarnya, ada beberapa hal untuk mengatasi komputer / laptop yang cenderung semakin lama semakin lelet kinerjanya. Agar komputer / laptop yang kita gunakan tidak semakin lama semakin lelet, kita perlu melakukan perawatan secara rutin dan berkala. Ada beberapa Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop, diantaranya akan saya bagikan berikut ini :

1. Gunakan Disk Cleanup
Dengan menggunakan tool Disk Cleanup bisa menghapus file-file sementara file internet pada setiap drive pada komputer. Kita bisa memilih drive mana yang akan dibersihkan menggunakan Disk Cleanup sehingga bisa membebaskan beberapa ruang pada drive computer.
Untuk menggunakan tool Disk Cleanup : Klik kanan pada drive yang ingin dibersihkan - Pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup

2. Gunakan Disk Defragmenter
Fragmentasi data menyebabkan drive komputer bekerja lebih keras, hal tersebut bisa menjadikan performa komputer / laptop menurun. Maka dari itu, kita di anjurkan menggunakan tool Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data pada drive yang terfragmentasi.
Untuk menggunakan tool Defragment : Klik kanan pada Drive yang ingin didefrag - pilih Properties - pilih Tools - Optimize - pilih Drive - Analyze / Optimize

3. Hapus File-file Sampah Pada Recycle Bin
Terlalu banyak file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin bisa memperlambat kinerja komputer/laptop, jadi sebaiknya file-file pada Recycle Bin yang sudah tidak di Recycle lagi di hapus semua. Sebelum menghapus semua file-file pada Recycle Bin alangkah baiknya periksa kembali, jika memang sudah tidak ada file yang diperlukan lagi, bisa di hapus
Cara hapus cepat semua file sampah pada Recycle Bin dengan cara : Klik kanan pada icon Recycle Bin kemudian Pilih Empty Recycle Bin.

Apabila mau menghapus semua file-file sementara pada browser dan file-file sementara / sampah pada registry lainnya, bisa menggunakan software CCleaner sebagai alternatif untuk menghapusnya.

4. Minimalkan Program Yang Berjalan Pada Starup
Terlalu banyak program yang berjalan pada Starup juga salah satu faktor yang bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer dan komputer menjadi lemot. Agar kinerja komputer bisa cepat, saya sarankan untuk menonaktifkan program-program yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di starup.
Cara untuk menonaktifkan progaram yang berjalan di starup : Tekan tombol Windows + R - ketik msconfig - pilih Starup kemudian Uncheck program yang ingin dinonaktifkan.

5. Uninstal Program Yang Tidak Penting
Terlalu banyak program-program yang di instal pada komputer / laptop bisa membuang / mengurangi ruang kosong pada Hard Disk, bisa menurunkan kinerja komputer sehingga komputer menjadi lambat. Sangat disayangkan apabila kita menginstal program yang tidak digunakan/jarang digunakan, krn hanya membuang ruang hard disk.
Untuk uninstal program yang tidak penting, bisa dilakukan melalui Star - Control Panel - Uninstal Program kemudian pilih program yang mau di uninstal - uninstal program yang tidak penting / tidak digunakan.

6. Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk
Kinerja lebih dari satu tugas pada waktu bersamaan pada komputer atau terlalu berat dalam proses multitasking bisa menyebabkan komputer / laptop lambat kinerjanya. Apabila kita menginginkan kinerja komputer / laptop bisa cepat, pilihan yang terbaik adalah menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi.

Selain kita menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar, perhatikan juga kapasitas Harddisk komputer/laptop. Jika harddisk sudah hampir penuh, hanya tersisa ruang beberapa giga saja, tidak heran komputer/laptop semakin lambat kinerjanya. Untuk itu apabila memang banyak file yang mau disimpan dan kapasitas harddisk sudah hampir penuh, saya sarankan untuk memeperbesar kapasitas harddisk. Dan apabila mempunyai anggaran lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk mengganti harddisk, agar performa komputer/laptop menjadi meningkat.

7. Instal Anti Virus
Seperti yang kita ketahui bahwa virus termasuk malware dan spyware rata-rata bisa menyebabkan kinerja suatu komputer/laptop menjadi lambat dan bahkan dapat merusak data / file pada komputer/laptop. Untuk itu, kita harus menginstal Anti Virus yang tepat, bukan Anti Virus yang justru malah bisa memperlambat kinerja komputer/laptop.

8. Pembaruan Windows
Hidupkan/aktifkan Pembaruan Windows pada komputer/laptop agar bisa mengetahui pembaruan baru yang tersedia. Hal ini juga bisa memperbaiki masalah keamanan pada komputer dan juga bisa membuat komputer selalu mutakhir.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara diantaranya yang dapat mempercepat kinerja komputer/laptop. Selain itu masih banyak lagi cara-cara untuk mempercepat kinerja komputer/laptop. Semoga cara-cara yang sudah saya sampaikan di atas bisa menjadi referensi penanganan apabila mengalami komputer / laptop menurun kinerjanya sehingga komputer/laptop menjadi cepat kinerjanya.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop"