Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN SPYWARE

Pengertian Spyware - Apa Itu Spyware? Spyware  adalah  suatu  aplikasi  yang  memungkinkan  para pemasang  ikian  mendapatkan informasi mengenai kebiasaan pengguna komputer di mana spyware tersebut terpasang. Progam spyware ini sebenarnya bukanlah virus. Anda tidak dapat menyebarkannya ke komputer lain. Namun demikian spyware terkadangjuga memiliki efek lain yang tidak terduga. Bahkan ada anti-spyware yang sempat menjadi isu atau rumor karena disinyalir di dalam anti-spyware tersebut terdapat program spyware juga. Biasanya pada program gratisan alias frecivnre memang terdapat ad-ware atau program spyware di dalamnya. Memang tidak menjamin 100%, dan karena tidak ada yang 100'%, aman bila berkaitan dengan keamanan. Namun setidaknya kita dapat mengurangi risiko dan mencoba melakukan sesuatu daripada diam saja.

Pengertian Spyware
Anda bisa saja mendapatkan spyware ketika Anda mengakses suatu situs tertentu. Suatu pesan pop-up biasanya akan muncul dan menyuruh Anda untuk mendownload program yang  "kelihatannya"  Anda butuhkan,  atau  terkadang  program  spyware  ini  bisa  secara  otomatis terdownload tanpa Anda sadari. Spyware akan berjalan di komputer Anda dan akan mencatat semua aktivitas Anda (misalnya mencatat situs apa saja yang Anda kunjungi) dan akan melaporkannya kepada pihak lain, yaitu pemasang iklan. Efek lainnya adalah mengganti halaman home pada web browser Anda dengan suatu alamat situs tertentu atau bahkan juga ada yang memiliki efek untuk men-dial modem ke nomor 0900 (premium call).

Aktivitas spyware ini jelas akan memakan resource komputer dan dapat memperlambat kinerja komputer. Beberapa software anti spyware saat ini sudah dapat mendeteksi spyware  pada  computer dan  bisa  menghilangkannya  secara  otomatis.  Contohnya  adalah  fitur antispyware pada aplikasi System Mechanic. Secara formal spyware didefinisikan sebagai program komputer  yang  dimanfaatkan untuk  mengoleksi  informasi  tentang  sesuatu  tanpa  disadari  oleh penggunanya, dan melalui sarana Internet, informasi yang terkumpul akan dikirimkan  (juga tanpa disadari penggunanya) ke pihak-pihak yang tertarik. Secara informal spyware didefinisikan sebagai sembarang  teknologi  yang  diinstalasi  di suatu  target  yang  keberadaannya  tidak  disadari  oleh penggunanya dan bila disadari maka akan mengakibatkan:

A. Pelanggaran privacy (kehilangan data, pemantauan online behaviour pengguna Internet melalui aktivitas data mining seperti agregrasi/asosiasi).
B. Modifikasi fungsi (browser, e-mail, aplikasi umum).
C. Utilitas sumber daya (CPU, disk, sambungan Internet dan lain sebagainya).

Selain spyware dikenal pula istilah ad-ware, yakni sembarang teknologi yang dimanfaatkan untuk menampilkan suatu ikian di dalam web browser yang berkaitan maupun tidak berkaitan dengan situs Internet yang sedang dikunjungi pengguna. Spyware dan adware juga menanam diri mereka sendiri secara diam-diam pada komputer korban yang tidak menaruh curiga.Tidak seperti program zombie, sebagian besar mereka dirancang untuk melaporkan kebiasaan browsing pengguna komputer dan mengirim pesan pop-up. Program seperti itu sudah menjadi momok di Internet karena sering merusak web orang lain dan mengontrol komputer mereka. Protes atas program seperti itu sudah sampai ke telinga para pembuat undang-undang. Beberapa rancangan undang-undang anti-spyware telah dibahas oleh Kongres Amerika. Komisi Federal Perdagangan Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mendesak Internet Service Provider untuk menindak pelaku zombie.

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat