Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sosial Media Bikin Bisnis Untung? BISA!

aflahsentosa.com - Sosial Media Bikin Bisnis Untung? BISA....!. Hampir semua orang pasti memiliki akun sosial media, tapi sayangnya banyak yang belum menguunakan sosial media sebagai alat untuk mempromosikan bisnis mereka. Nah buat kamu yang mau tahu caranya membangun bisnis lewat sosial media, yuk langsung aja simak tips berikut...!

Sosial Media Bikin Bisnis Untung?

Tiga Besar Platform Sosial Media Menurut Alexa Top Site Adalah :

Selain tiga platform sosial media di atas, masih ada sosial media lainnya yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk kita kepada orang lain seperti, twitter, pinteres, dll. Sebelum kita mulai tips, apakah sudah pada memiliki akun belum di tiga sosial media tersebut, kalau belum segera buat yah...!

TERUS GIMANA CARA KITA MANFAATIN SOSIAL MEDIA UNTUK JADI MEDIA PROMOSI BISNIS KITA ?

Ingat di sosial media itu bukan sekedar posting video, gambar dan copywriting saja, tapi ada tujuan dan tahapannya. Tujuan dan tahapannya adalah sebagai berikut :

#1. AWARENES

Tahapan memberi tahu orang bahwa kita menjual produk atau bahasa kerennya ini sering disebut AWARENES, yaitu bagaimana membuat orang dari tahu produk kita menjadi tahu produk kita. Dulu sebelum jam online dan sosial media, kita juga sering melakukan tahapan ini, yaitu dengan cara sebar brosur, iklan di koran, iklan di radio atau televisi. Nah kalau sekarang Anda cukup dengan posting gambar, video dan copywriting atau caption atau tulisan yang isinya adalah memberi tahu pengguna media sosial tentang produk yang kita jual.

Nah di tahap memberi tahu orang ini, pastikan akun kita bisa menjangkau calon-calon pembeli kita sesuai dengan profil calon pembeli kita, berapa usianya? dimna beradanya? Dan kira-kira berapa kemampuan membelinya? Ingat, percuma kalau mereka tertarik tetapi tidak memiliki kemampuan membeli, oleh karenanya profil calon pembeli kita adalah mereka yang mau dan mampu membeli produk kita.

Untuk menjangkau akun orang ini ada dua cara, yaitu dengan cara organik dan dengan cara iklan berbayar. Cara organik bisa dilakukan dengan cara :

1. Konsisten setiap hari memposting baik gambar, video dan copywritingnya.
2. Rajin berinteraksi dengan siapa saja yang komen postingan kita
3. Rajin menyapa orang dan aktif komen yang positif, dan lakukan penjualan dengan cara santu dan tidak terlihat terlalu menggebu-gebu.

Nih saya kasih contekan cara komen di akun orang lain yaitu dengan cara mengapresiasi sesuai postingannya :

"Wah cantiknya, Wah Gantengnya, Wah sangat menarik, dll" baru kemudian isinya disesuaikan dengan postingan orang tersebut."

Contoh:
Wah tulisannya sangat menginspirasi, saya jadi tahu bagaimana cara memotivasi diri saya, terimaksih ya Mas sudah berkenan sharing

Mas Aflah
Tukang servis perangkat elektronik dan percetakan komersil asal Wonosobo.
Nah dengan memberi identitas di akhir seperti yang saya lakukan adalah contoh convert seling

#2. INTENTION TO BUY

Selain awarenes yaitu memberitahukan orang lain tentang informasi produk, berikutnya adalah bagaimana isi postingan kita membuat orang tertarik untuk membeli, bahasa kerennya tuh  INTENTION TO BUY. Gimana yah caranya membuat orang tertarik beli. Tentu ini adalah kekuatan video atau gambar dan copywriting yang kita buat. Misalkan kalau makanan bagaimana gambar tersebut membuat calon pembeli ngiler pengen beli produk kita.

Ada ilmunya namanya AIDA, yaitu singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action.

1. ATTENTION
Wow...! Sosial media bisa bikin bisnis jadi untung...? Hehee, jelas dong, sosial media itu bisa kita gunakan untuk mendukung promosi bisnis kita, agar bisnis kita bisa bertahan dan bertumbuh, alias jadi JUARA.

2. INTEREST
Bagaimana dalam gambar atau teks tersebut membahas permasalahan calon konsumen untuk menarik minat mereka. Contoh misalkan "Anda Mau Cetak Foto Dengan Hasil Yang Bagus Sesuai Aslinya"

3. DESIRE
Bagaimana dalam gambar atau teks tersebut menawarkan produk anda sebagai solusi. Contoh misalkan " Aflah Sentosa Printing, Tempat Cetak Foto Kilat Bisa Ditunggu Dengan Hasil Sesuai Aslinya"

4. ACTION
Bagaimana dalam gambar atau teks mengajak mereka untuk melakukan pembelian atau menggunakan jasa kita sekarng juga. Contoh misalkan "Cetak Foto Sekarang - Bonus Gantungan Kunci Cantik/ Pigura Untuk Anda Yang Cetak Foto Ditempat Kami Hari ini.

Nah Kerenkan....! Dengan sosial media bisnis kita makin juara. Jadi laku deh produknya, selanjutnya yang perlu dijaga adalah kualitas barang / hasil produk kita / pelayanan, jangan sampai pelanggan kita kapok tidak beli / menggunakan jasa ditempat kita lagi.


Post a Comment for "Sosial Media Bikin Bisnis Untung? BISA!"