Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendeteksi Spyware Pada Komputer


Cara Mendeteksi Spyware Pada Komputer - Pada postingan sebelumnya blog Aflah Sentosa telah berbagi mengenai Pengertian Spyware. Dan pada kesempatan kali ini blog aflah sentosa akan berbagi mengenai cara mendeteksi apakah pada komputer yang Anda pakai sudah kemasukan spyware atau tidak. Keberadaan  spyware  dapat  dideteksi  tanpa  menggunakan  program  komputer  dengan  melakukan pengamatan berikut:

Cara Mendeteksi Spyware Pada Komputer
1. Komputer tiba-tiba terasa lambat meskipun tidak banyak program yang dijalankan.

2. Fungsionalitas browser berubah (misalnya tombol Back  dan atau Forward ) tidak berflmgsi lagi, kemudian apabila kita mengetikkan alamat situs A tetapi yang keluar justru situs B (Jadi ada suatu yang membelokkan permintaan http ke suatu alamat tertentu).

3. Munculnya ikon baru pada dekstop meskipun Anda tidak menginstallnya.

4. Secara periodik muncul permintaan dari sistem untuk  mengubah setting program ke default.

5. Munculnya End Task Box saat shutdown (yaitu permintaan untuk   menghentikan suatu proses karena secara normal tidak dapat berhenti, misalnya karena program aplikasi tidak memberikan respons Not Responding.

6. Layar monitor berkali-kali (secara periodik) flicker, seperti kilatan blitz kamera.

7. Pola suara harddisk bembah dari suara yang biasanya terdengar.

8. Harddisk cepat menjadi penuh.

9. Jika Anda menekan <Ctrl> <Alt> + <Del> maka akan mengaktivkan Task Manager. Pada Task Manager akan didaftar proses-proses yang aktif. Proses adalah program komputer yang sedang dijalankan. Adakah proses yang tidak Anda kenal?

10. Adakah program baru yang terinstall sementara Anda tidak menginstallnya?

11. Penggunaan memori melonjak, padahal program yang diaktivkan hanya sedikit/ dan sulit untuk menjelaskan penyebabnya.

12. Pada browser  (Internet Explorer) biasanya Anda menyimpan homepage favorit pada menu Favorites. Spyware sering memodifikasi daftar favorit Anda.

Dan apabila komputer Anda sudah kemasukan spyware, mungkin Anda bisa coba menghapus menggunakan program seperti berikut :

1. Menghapus  program  melalui  utilitas  uninstall  atau  Add/Remove    programs  tidak  selalu menghapus registry entries atau dinamic link library  (DLL) yang berkaitan dengan spyware. Beberapa    spyware  seperti  Web3000  bahkan  mengganti  file-file  sistem  Windows  dengan versinya sendiri.

2. Kalau Anda menguasai registry Windows, Anda dapat secara   manual menghapus registry dan dinamic link library yang  berkaitan dengan spyware.

3. Menggunakan program, misalnya Ad-Aware SE Enterprise dari http: / /www.lavasoftusa.com yang bisa di-download versi gratisnya.

Demikian semoga bermanfaat, dan bisa berhati-hati ketika mau mendownload program khususnya program gratisan.

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat