Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang IC Regulator

aflahsentosa.com - Cara Memasang IC Regulator. Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah. Aamiin. Pada postingan terdahulu aflahsentosa.com sudah berbagi mengenai cara memasang ic 7805 yang benar. Dan pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan kembali berbagi mengenai cara memasang ic regulator.
Bagi sobat yang hobby elektronika terutama yang sering merangkai power supply adaptor, tentunya sudah mengetahui bentuk ic dan nomor-nomor seri untuk masing-masing tegangannya.

IC regulator biasa di sebut juga ic stabilizer tegangan, yang mana ic regulator atau ic stabilizer biasa di pasang pada rangkaian power supply untuk menstabilkan tegangan output regulator agar tegangan yang dikeluargan dari power supply atau adaptor bisa stabil sesuai yang di butuhkan untuk menghidupkan rangkaian elektronik seperti modul usb, tone control, dll.
Sebagaimana sudah banyak yang mengetahui macam-macam ic regulator / ic stabilizer tegangan, diantaranya adalah ic7805, ic7808, ic7809, ic7812, ic7815, dll. Yang mana fungsi ic tersebut sebagai stabilizer tegangan sesuai angka dua digit angka terakhir yang tertera pada ic regulataor/stabilizer.

Misalnya pada ic regulator tertera angka 7805 berarti ic tersebut di gunakan untuk menstabilkan tegangan 5 Volt yang banyak digunakan pada modul usb mp3, sedangkan 7812 ic tersebut digunakan untuk menyetabilkan tegangan 12 Volt, tegangan 12 volt banyak digunakan pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti tone control, pre amp head, turbo bass, dan masih banyak rangkaian elektronika lainnya yang menggunakan tegangan 12 volt. Cara pemasangan ic regulator bisa lihat pada postingan cara membuat power supply 12 volt

Cara Memasang IC Regulator

Berikut ini langkah-langkah cara memasng IC regulator atau ic stabilizer seperti gambar di atas, apabila posisi ic menghadap ke arah kita :

* Pada kaki pertama (1) kaki ic sebelah kiri, sebagai jalur input tegangan yang dihubungkan pada kutup posistif arus output dari sumber daya adaptor.

* Pada kaki tengah (2) kaki ic bagian tengah, untuk ground yang dihubungkan pada kutup negatif / CT pada sumber daya adaptor dan juga hubungkan pada kutup negatif pada kit rangkaian elektronik untuk supply ke rangkaian lektronik seperti modul USB, dll

* Pada kaki ke tiga (3) kaki ic sebelah kanan, sebagai jalur output tegangan yang dihubungkan pada kutup positif pada rangkaian elektronik untuk supply tegangan ke rangkaian elektronik seperti modul USB / rangkaian elektronik lannya yang menggunakan tegangan 5 Volt.

Demikian yang bisa di bagikan, mengenai cara pemasangan ic stabilizer untuk stabilizer tegangan pada sumber daya adaptor. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Memasang IC Regulator"