Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang IC 7805 yang Benar

aflahsentosa.com - Cara Memasang IC 7805 yang Benar. Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Alloh, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara memasang IC 7805 yang benar sesuai urutan kaki/pin ic. IC 7805 yang digunakan sebagai stabilizer tegangan 5 volt, maupun ic stabilizer untuk tegangan lainnya seperti IC7808, 7809, 7812 banyak juga teman-teman yang hobby elektronika yang bilang bahwa IC tersebut sebagai IC stabilizer pada rangkaian sumber daya adaptor, sebagai pen-stabil tegangan output pada sumber daya adaptor agar tegangannya stabil untuk supply pada rangkaian elektronik.

Bagi sobat yang hobby elektronik dan sudah lama praktek pembuatan/merangkai komponen elektronik menjadi sebuah kit rangkaian elektronik atau sobat yang sudah sering merangkai sumber daya adaptor yang menggunakan IC stabilizer pastinya sudah tidak bingung lagi cara memasang ic 7805 dan ic stabilizer lainnya untuk bagian input tegangan, ground dan output tegangannya.
Seperti saya dahulu pertama membuat adaptor dengan menggunakan ic stabilizer, sempat bingung cara menentukan kaki input, ground, dan outputnya. Maklum belum berpengalaman...hehe.
IC 7805 sekarang ini banyak digunakan pada modul MP3 maupun MP4. Untuk contoh pemasangan ic stabilizer regulator 7805 bisa di lihat pada artikel sebelumnya Cara Membuat Power Supply 5 Volt Untuk Menghidupkan Modul MP3

Berikut ini jalur pemasangan IC stabilizer tegangan untuk rangkaian adaptor :

Cara Memasang IC 7805 yang Benar

Keterangan gambar ic stabilizer di atas, apabila posisi ic menghadap ke arah kita :

* Pada kaki pertama (1) kaki ic sebelah kiri, sebagai jalur input tegangan yang dihubungkan pada kutup posistif arus output dari sumber daya adaptor.

* Pada kaki tengah (2) kaki ic bagian tengah, untuk ground yang dihubungkan pada kutup negatif / CT pada sumber daya adaptor dan juga hubungkan pada kutup negatif pada kit rangkaian elektronik untuk supply ke rangkaian lektronik seperti modul USB, dll

* Pada kaki ke tiga (3) kaki ic sebelah kanan, sebagai jalur output tegangan yang dihubungkan pada kutup positif pada rangkaian elektronik untuk supply tegangan ke rangkaian elektronik seperti modul USB / rangkaian elektronik lannya yang menggunakan tegangan 5 Volt.

Demikian yang bisa di bagikan, mengenai cara pemasangan ic stabilizer untuk stabilizer tegangan pada sumber daya adaptor. Semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "Cara Memasang IC 7805 yang Benar"