Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Galaxy Pada Tone Control Dan Power Amply

Aflahsentosa.com - Hallo sobat, gimana kabarnya...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Jumpa lagi dengan aflahsentosa.com, untuk kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi mengenai cara memasang galaxy pada tone control maupun power amply. Tentunya sobat yang hobby elektronik dan suka merakit komponen elektronik sudah tahu yang namanya galaxy pada rangkaian elektronik dan bahkan mungkin sudah ada yang pernah memasangnya. Pada prinsipnya pemasangan galaxy sama saja dengan Pemasangan Giga Bass (turbo bass). Hanya saja fungsinya yang berbeda, kalau Turbo Bass untuk menambah suara Bass agar lebih Gerrrr.... Sedangkan galaxy berfungsi untuk menambah treable dan bahkan menambah bass.

Sistem control untuk mengaktifkan turbo bass dan galaxy ada sedikit berbedaan yaitu kalau Turbo Bass (giga bass) menggunakan control potensio untuk mengaktifkan atau mengatur bass, sedangkan galaxy untuk mengaktifkan menggunakan switch push on sebagai controlnya.
Berikut ini gambar rangkaian pemasangna Galaxy pada tone control maupun power amply :
Rangkain Cara Pemasangan Galaxy dan Power Amply

Untuk tegangan yang dibutuhkan untuk menghidupkan galaxy sama dengan giga bass, hanya saja pada rangkaian galaxy seperti gambar di atas menggunakan tegangan 12 volt Plus (+) dan Minus (-). Dan sobat bisa membuat rangkaian power supply 12 volt untuk menghidupkan galaxy ini, rangkaiannya power supply seperti yang sudah saya posting/bagikan kemarin, yaitu Cara Membuat Power Supply 12 Volt. Sedangkan rangakain pemasangan Giga Bass yang sudah saya posting menggunakan tegangan 12 volt CT. Cara membuat rangkaian power supply 12 CT untuk menghidupkan Giga Bass juga sudah saya posting/bagikan.

Pemasangan Galaxy selain seperti gambar di atas, sebelum tone control, sobat juga bisa eksperiment pemasangan galaxy setelah tone control yaitu pada output tone control langsung sambung kabel menuju input galaxy dan output galaxy bisa langsung sambung kabel menuju input power amply. Dan sobat bisa membedakan hasil audionya dari pemasangan galaxy sebelum tone control dan sesudah tone control.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara pemasangan galaxy pada tone control maupun power amply, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang hobby elektronik dan suka merakit komponen elektronik dan ingin memasang galaxy untuk menambah suara treable maupun bass pada rakitan elektroniknya. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat