Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Power Supply 12 Volt Menggunakan IC Stabilizer

Aflahsentosa.com - Bagi sobat yang hobby elektronika dan sudah mengenal dasar-dasar elektronika dan simbol-simbol komponen elektronika tentunya bisa dengan mudah membuat atau merangkai komponen-komponen elektronika pada PCB menjadi sebuah kit elektronika atau rangkaian elektronika semisal power amply, tone control, radio, dan sebagainya. Begitu juga dengan merangkai beberapa komponen elektronika menjadi sebuah rangkaian power supply (adaptor) bisa sobat praktekkan dengan mudah karena hanya dengan beberapa komponen elektronika seperti trafo step down (trafo biasa), dioda, condensator elektrolit (elco), dan IC stabilizer 7812 apabila power supply yang mau di buat tegangan menggunakan 12 volt. Tegangan 12 volt yang sering di gunakan pada rangkaian elektronika seperti tone control, power ampy pada umumnya, dan masih banyak lainnya rangkaian elektronika yang menggunakan tegangan 12 volt baik itu tegangan 12 volt biasa (+ dan -) maupun tegangan 12 volt CT (+, CT, -).

Berikut ini gambar rangkaian Cara Membuat Power supply 12 volt menggunakan IC stabilizer 12 volt IC L7812 :

Cara Membuat Power Supply 12 Volt Menggunakan Stabilizer

Pada rangkaian power supply gambar di atas menggunakan trafo step down 1 amper biasa/tunggal sebagai penurun tegangan AC 220 volt menjadi 3 - 4,5 - 6 - 7,5 - 9 dan 12 volt. Karena power supply yang saya rangkai untuk rangkaian elektronika dengan tegangan 12 volt, seperti tone control, giga bass, dan lainnya maka tegangan pada trafo saya ambil 12 volt. Dengan 4 dioda sebagai penyearah dan elco 35 v 100mF sebagai filter, serta IC L7812 sebagai stabilizernya. Agar IC stabilizer 7812 tidak terlalu panas, bisa di pasang pendingin. Apabila pendinginnya menempel pada box, jangan lupa pada body ic 7812 yang menempel pada pendingin di kasih heatsink dan plastik bantalan baut  agar tidak konslet.

Apabila sobat ingin membuat power supply 12 Volt untuk menghidupkan power amply yang membutuhkan amper lebih besar misalnya 5 amper, sobat tinggal ganti trafo yang 5 amper dan dioda samakan dengan ampere trafo, untuk elco ukuran nilainya ganti yang lebih besar lagi bisa 50v 10000mF dan apabila menggunakan stabilizer, tetap ginakan IC 7812 dan rangkaiannya bisa sama seperti gambar di atas.

Demikian yang bisa saya, bagikan mengenai cara membuat power supply 12 volt menggunakan IC stabilizer, semoga bisa menjadi referensi sobat yang sedang belajar elektronika, dan semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat