Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Echo Reverb Pada Tone Control Dan Power Amply

Aflahsentosa.com - Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat dan lagi yang terbaik. Aamiin. Jumpa lagi dengan aflahsentosa.com yang membahas seputar elektronika dan trouble shootingnya, komputer, dll. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi mengenai Cara Memasang Echo Reverb Pada Tone Control Dan Power Amply. Pada postingan yang lalu, aflahsentosa.com telah memposting mengenai Cara Memasang Pre Amp Mic Pada Tone Control Dan Power Amply. Pada prinsipnya cara memasang pre amp mic dan echo reverb  pada tone control dan power amply sama saja, tinggal memasang jalur input dan output serta power supplynya untuk meghidupkan rangkaian agar rangkaian/kit elektronika bisa bekerja dengan baik. Berikut ini gambar  rangkaian Cara Memasang Echo Reverb Pada Tone Control Dan Power Amply :


Pada gambar rangkain di atas, saya menggunakankit echo yang sudah jadi dengan dua input mic dengan empat potensio untuk mengontrol besar kecilnya suara dari mic, mengatur echo, dan mengatur input suara musik dari DVD maupun module MP3. Karena output echo sudah stereo jadi tidak perlu jumper menggunakan resistor seperti pemasangan pada pre amp mic mono, bisa langsung sambung menggunakan kabel pada input tone control stereo. Pada output tone control langsung sambung kabel menuju Input power ampli, karena tone control dan power amply sudah stereo jadi bisa langsung sambung kabel.

Apabila pada output echo langsung di pasang melalui input tone control, kita bisa mengontrol suara dobel dari potensio langsung pada echo dan potensio volume pada tone control dan juga bisa mengatur suara bass, treble melalui control potensio pada tone control. Untuk Tegangannya, sobat bisa sesuaikan dengan tegangan yang dibutuhkan dari masing-masing kit/rangkaian elektronik, berapa volt, sobat bisa lihat volt tegangan yang tertulis pada PCB masing-masing kit atau pada kertas/dus pembungkusnya. Untuk tegangan pada echo apabila sudah ada rangkaian penyearah dan filter (rangkaian adaptor) seperti pada kit echo seperti gambar di atas, maka sobat tinggal memasang tegangan output trafo sesuai tegangan yang di butuhkan pada rangkaian echo yang tertulis pada kit echo. Tegangan pada rankaian power amply bisa menggunakan tegangan CT  dan tegangan pada tone control dan Echo reverb apabila menggunakan tegangan Min dan plus bukan CT, bisa menggunakan tegangan 12 volt biasa ampere lebih kecil

Apabila sobat memasang kit echo langsung pada input power amply, untuk kontrol suara cuma mengandalkan potensio yang ada pada echo, kalau pada rangkaian kit echo tidak ada control bass dan treble maka tidak bisa mengatur suara bass dan treble. Untuk atur suara musik yang melalui input echo langsung, sobat bisa mengontrol melelui potensio pada echo dan untuk kontrol suara dari mic, sobat bisa mengontrol melalui potensio volume yang terdapat pada kit echo.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Cara Memasang Pre Amp Mic Pada Tone Control Dan Power Amply, semoga bermanfaat. Aamiin