Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Power Supply 5 Volt Untuk Menghidupkan Modul MP3 / MP5

Aflahsentosa.com - Hallo sobat apa kabar...? Semoga lagi yang terbaik. Aamiin. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi mengenai cara membuat power supply 5 volt yang digunakan untuk menghidupkan modul MP3 maupun MP5. Dan pada postingan sebelumnya aflahsentosa.com sudah berbagi cara membuat power supply 12 volt biasa dan power supply 12 volt CT.

Tentunya sobat yang hobby elektronik sudah mengetahui modul MP3 / MP5. Antara modul MP3 dan MP5 dari segi bentuk tidak jauh berbeda, hanya saja dari segi fungsi yang membedakannya yaitu, modul MP3 hanya bisa untuk memutar file jenis musik MP3 dari flasdis maupun memory card dan juga bisa untuk radio FM, sedangkan modul MP5 selain bisa untuk memutar file musik jenis MP3 dan radio FM, juga bisa untuk memutar file video yang bisa dihubungkan pada televisi, sehingga film atau video yang di putar menggunakan modul MP5 bisa di saksikan/tonton melaui layar televisi seperti layaknya memutar DVD.

Tahukah sobat, bahwa pada modul MP3 maupun MP5 yang sering saya jumpai menggunakan tegangan 5 volt DC. Dan apabila sobat membeli modul MP3/MP5 secara terpisah (belum dilengkapai power amply) dan modul MP3 maupun MP5 mau di pasang pada box salon aktif, apabila mengambil arus langsung dari trafo pada speker aktif tegangannya terlalu besar atau menggunakan tegangan yang di ambil dari power supply untuk menghidupkan modul MP3/MP5 tidak bisa bunyi atau bisa bunyi tetapi suara yang dikeluarkan dari modul kurang jernis atau berdengung dikarenakan tegangannya padahal sudah di kasih hambatan maupun IC 7805 tetapi suaranya masih belum jernih, untuk mengatasi masalh tersebut tentunya sobat harus membuat power supply dengan trafo tersendiri dengan tegangan 5 volt khusus untuk menghidupkan modul MP3/MP5.

Berikut rangkaian power supply 5 volt untuk menghidupkan modul MP3/MP5 :

Rangkaian power supply 5 volt untuk menghidupkan modul MP3/MP5

Pada gambar rangkaian di atas saya menggunakan trafo 1 amper tunggal step down tegangan dari AC ke DC, dan tegangan output trafo yang saya gunakan 6 volt. Untuk penyearah saya menggunakan 4 buah dioda biasa (bisa menggunakan dioda kiprok/bridge), sebagai filter tegangan menggunakan elco 35volt 1000mF dan juga menggunakan IC 7805 IC tegangan 5 volt. Untuk kondensator keramik 104 dan elco 25volt tidak di pasang juga tidak masalah, itu hanya sebagai filter juga. Apabila menggunakan tegangan output 6 volt pada trafo tegangannya masih lemah atau display pada modul kelihatan redup, bisa coba menggunakan tegangan output trafo yang lebih tinggi, tetapi untuk output tegangan dari IC 7805 masih sekitar 5 volt karena dibatasi oleh IC 7805.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara membuat power supply 5 volt untuk menghidupkan modul MP3/MP5, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar elektronika dan ingin merakit modul MP3/MP5. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat