Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Modul MP3 dan MP5 Pada Tone Control Dan Power Amply

Aflahsentosa.com - Bagi Anda yang hobby elektronik maupun sobat tukang servis elektronik, tentunya sudah mengetahui Modul MP3 / MP5 (MP3/ MP5 Console) yang banyak di jual di toko-toko yang menjual barang-barang elektronik maupun spare part elektronik. Diantara kedua modul ini MP3 dan MP5 dari segi bentuk tampilan dari depan sama, yang membedakan hanya dari segi PCB Mpeg untuk MP3 lebih kecil di banding MP5. Dari segi kegunaan atau fungsi jelas ada sedikit perbedaan dan juga kesamaan.

Perbedaan kegunaan / fungsi MP3 dan MP5. Kalau modul MP3 hanya bisa memutar format file jenis MP3 dan radio FM saja, sedangkan modul MP5 selain bisa untuk memutar format file jenis MP3 dan radio FM juga bisa untuk memutar video file format jenis MPEG, MP4, AVI, dll dan pada modul MP5 dilengkapi juga jalur AV out yang bisa di sambung menggunakan kabel RCA ke input AV pada televisi, sehingga file video yang di putar menggunakan modul MP5 bisa disaksikan pada layar TV seperti layaknya memutar piringan CD/DVD pada DVD player.

Apabila anda ingin merangkai sendiri modul MP3 / MP5 pada tone control dan power amply, agar audio musik yang di putar menggunakan modul MP3/MP5 dari flasdis maupun memory card, bisa kita dengar, caranya sangat mudah bagi anda yang hobby elektronik dan suka otak-atik merangkai rangkaian elektronik.
Berikut ini rangkaian cara pemasangan modul MP3/MP5 pada tone control dan power amply :

Cara Memasang Modul MP3 dan MP5 Pada Tone Control Dan Power Amply
Pada rangkaian gambar di atas, saya menggunakan modul MP5, cara pemasangannya sama juga apabila menggunakan modul MP3 yaitu, pada output modul MP3/MP5 dihubungkan pada jalur input tone control, dan bisa mengontrol suara musik audio menggunakan potensio pada tone control dan pengaturan equaliser bisa di atur melalui menu program pada modul MP3/MP5 menggunakan remot control. Untuk input pada modul mp3/mp5 bisa dipasang contra RCA untuk input audio dari DVD player / receiver parabola. Apabila menggunakan modul MP5 pada jalur AV out dari modul bisa dihubungkan pada input AV TV seperti saya jelaskan di atas.

Untuk tegangan yang diperlukan untuk menghidupkan modul mp3 / mp5 menggunakan tegangan 5 volt DC yang bisa diambil langsung dari power supply tone control, atau bisa juga membuat rangkaian power supply 5 volt menggunakan trafo sendiri khusus untuk menghidupkan modul mp3/mp5.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara pemasangan modul mp3/mp5 pada tone control, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang hobby elektronik dan suka merangkai kit elektronik. Semoga bermanfaat. Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat