Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Power Supply 12 Volt CT Dengan Mudah Menggunakan IC Stabilizer

Aflahsentosa.com - Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik. Aamiin. Jumpa lagi dengan aflahsentosa.com dan pada kesempatan kali ini akan berbagi atau memposting mengenai cara membuat atau merangkai power supply 12 volt CT sederhana dan mudah dengan menggunakan 2 buah IC stabilizer yaitu IC 7812 untuk regulator positif dan IC 7912 untuk regulator negatif sebagai stabilizer tegangan. Pada prinsipnya cara membuat power supply 12 volt CT sama dengan cara membuat power supply 12 volt biasa yang sudah saya posting/bagikan kemarin. Hanya saja pada power supply 12 volt CT menggunakan trafo CT.

Cara membuat power supply 12 volt CT yang saya posting di sini menggunakan trafo 1 Amper CT sebagai stepdown tegangan dari tegangan AC 220 volt menjadi 9 - 12 - 15 volt CT, dioda kirok (dioda bridge) sebagai penyearah, apabila tidak ada dioda kiprok, bisa di ganti dengan dioda biasa 4 buah sebagi penyearah, dua buah elco 35volt 1000mF sebagi filter tegangan dan 2 buah IC sebagai stabilzer seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Karena menggunakan trafo 1 Amper, power supply 12 volt CT ini bisa digunakan untuk menghidupkan rangkaian/kit elektronika seperti tone control, turbo bass yang menggunakan tegangan 12 volt CT.

Berikut ini gambar gambar rangkaian power supply 12 volt CT sederhana menggunakan dua buah IC stabilizer untuk positif dan negatif :

Cara membuat power supply 12 volt CT menggunakan stabilizer

Apabila sobat ingin merangkai/membuat power supply 12 volt CT mau digunakan untuk menghidupkan power amply yang membutuhkan kuat arus besar, sobat bisa ganti trafo yang ampernya lebih besar lagi misalkan 5 amper atau 10 amper dan nilai ukuran elco juga lebih besar lagi sesuaiakan tegangan yang dibutuhkan pada rangkaian elektronika (power Amply) dan juga sesuaikan amper dioda dengan amper trafonya, untuk IC stabilizer CT bisa menggunakan IC 7812 dan 7912 untuk regulator positif dan regulator negatif.

Demikian yang bisa saya, bagikan mengenai cara membuat power supply 12 volt menggunakan IC stabilizer, semoga bisa menjadi referensi sobat yang sedang belajar elektronika, dan semoga bermanfaat. Aamiin