Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Pre Amp Mic Pada Tone Control Dan Power Amply

Aflahsentosa.com - Hallo apa kabar sobat semua, jumpa lagi dengan aflahsentosa.com. Pada kesempatan kali ini, aflahsentosa.com akan berbagi atau memposting mengenai Cara Memasang Pre Amp Mic Pada Tone Control Dan Power Amply. Bagi sobat yang hobby elektronika dan suka merangkai komponen elektronika tentunya sudah tahu mengenai pre amp mic, tone control maupun power amply. Tetapi bagi sobat yang hobby elektronika dan sedang belajar elektronika mungkin ingin merangkai perangkat elektronika berupa amplyfier dengan mic yang bisa untuk pidato maupun bernyanyi karaoke. Berikut ini gambar rangkaian Pre Amp Mic Pada Tone Control Dan Power Amply :


Pada gambar rangkain di atas, saya menggunakan pre amp mic mono dengan satu input mic dan satu potensio untuk mengontrol besar kecilnya suara. Karena output pre amp mic mono sedangkan pada input tone control menggunakan tone control stereo, maka dari output pre amp mic menuju input tone control agar stereo Right (R) dan Left (L) di jumper menggunakan 2 buah resistor 330 Ohm, seperti pada gambar di atas. Pada output tone control langsung sambung kabel menuju Input power ampli, karena tone control dan power amply sudah stereo jadi bisa langsung sambung kabel.

Apabila pada output pre amp mic melalui input tone control, kita bisa mengontrol suara dobel dari potensio langsung pada pre amp mic dan potensio volume pada tone control dan juga bisa mengatur suara bass, treble melalui control potensio pada tone control. Hanya saja, apabila output pre amp mic  di sambung langsung melalui input tone control sedangkan pada input tone control di pasang RCA untuk input Audio VCD maupun yang lainnya, kadang pada audio yang melalui input langsung pada tone control misalkan audio input VCD bisa terpengaruh dengan adanya pre amp mic. Apabila input audio VCD / lainnya yang langsung ke input tone control terpengaruh dengan adanya potensio pada pre amp mic, sobat bi sa eksperiment dengan mengganti jumper resistor 330 ohm dengan yang lebih besar atau bisa coba menggunakan dioda. Untuk Tegangannya, sobat bisa sesuaikan dengan tegangan yang dibutuhkan dari masing-masing kit/rangkaian elektronik, berapa volt, sobat bisa lihat volt tegangan yang tertulis pada PCB masing-masing kit atau pada kertas/dus pembungkusnya. Tegangan pada rankaian power amply bisa menggunakan tegangan CT  dan tegangan pada tone control dan pre amp mic bisa menggunakan tegangan 12 volt biasa ampere lebih kecil

Apabila resistor jumper di ganti nilai ohm yang lebih besar, terkadang akan berpengaruh pada suara pada output pre amp mic bisa menjadi lebih kecil suaranya. Agar pada input langsung tone contro tidak terpengaruh dengan pre amp mic, sobat bisa memasang output pre amp mic langsung pada input power amply dengan menggunakan jumper resistor agar stereo. Tetapi apabila sobat memasang pre amp mic langsung pada input power amply, untuk kontrol suara cuma mengandalkan potensio yang ada pada pre amp mic dan tidak bisa mengatur suara bass dan treble, dan sobat bisa karaokean. Untuk atur suara musik yang melalui input tone control langsung, sobat bisa mengontrol melelui potensio pada tone control dan untuk kontrol suara dari mic, sobat bisa mengontrol melalui potensio volume pada pre amp mic. Sobat bisa eksperimen dan mengembangkan rangkaian dengan di tambahi komponen/rangkaian lain untuk menambah pengalaman, dan jangan takut untuk mencoba.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Cara Memasang Pre Amp Mic Pada Tone Control Dan Power Amply, semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat