Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Power Supply CT Pada Power Amplifier

Aflahsentosa.com - Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi atau memposting mengenai cara memasang power supply CT pada power ampli. Bagi sobat yang sudah lama terjun di bidang keteerampilan elektronika dan sudah sering praktek membuat power ampli dan banyak pengalamannya, tentunya hal semacam ini sudah sering menjumpainya. Ada power ampli yang menggunakan catu daya atau tegangan Plus (+) dan Minus (-), kalau hanya mengunakan tegangan (+) dan (-) tentunya sobat yang hobby elektronik sudah banyak yang tahu dan sudah tahu cara memasangnya dan juga cara merangkai sumber daya adaptornya. Tetapi apabila menjumpai power ampli yang menggunakan catu daya atau tegangan CT yaitu Plus (+), Minus (-) dan (CT) bagi yang belum pernah menjumpai power ampli menggunakan tegangan CT mungkin bisa bingung cara memasang tegangan untuk supply tegangan ke power ampli yang menggunakan tegangan CT dan juga bingung cara merangkai power supply adaptor untuk output tegangan (+), (-) dan (CT).

Saya pernah punya pengalaman ketika dahulu masih belajar elektronika, ada teman yang minta tolong untuk di rangkaikan (membuat) power ampli 150 watt. Setelah belanja kit power ampli 150 watt dan perangkat lainnya seperti tone control, trafo dan kelengkapan lainnya. Setelah kit power ampli 150 watt dan tone control saya rakit, tinggal pasang power supply nya ternyata menggunakan tegangan (+), (-), dan (CT), saat itu saya bingung memasang tegangan pada power ampli dan juga masih bingung cara membuat rangkaian power supply adaptornya, karena saya dulu tahunya hanya tegangan Plus (+) dan Minus (-) saja menggunakan trafo, satu elco dan 4 dioda penyearah. Maklum saat itu saya masih belajar tingkat dasar dan belum pernah memasang / membuat power supply dengan tegangan CT.....hehe. Dan sampai sekarangpun saya masih belajar leketronika dan trouble shooting nya. 

Karena dulu saya belum tahu cara memasang power ampli yang menggunakan tegangan (+), (-) dan (CT) akhirnya saya minta tolong sama teman yang sudah lebih tahu mengenai elektronika dan sudah lebih dahulu membuka praktek servis elektronik, maka saya minta tolong sama dia untuk merangkaikan adaptor tegangan CT dan sekalian memasangnya pada kit power ampli. Dari situlah saya baru tahu cara membuat rangkaian adaptor menggunakan trafo CT dengan tegangan (+), (-) dan (CT). Dan karena dia sudah membuka jasa servis elektronik, sebagai rasa terimakasih dan profesional kerja maka saya kasih "Petukon Rokok" (istilah Jawa). Dan secara tidak langsung, saya sudah dapat ilmu/berguru darinya secara merangkai adaptor tegangan (+), (-), (CT) dengan menggunakan trafo CT, 2 elco dan 4 dioda penyearah.

Berikut ini gambar Rangkaian Pemasangan Jalur Tegangan CT dari Power Supply Pada Power Amply :

Cara Memasang Power Supply CT Pada Power Amplifier

Pada gambar rangkaian di atas menggunakan dioda kiprok atau dioda bridge sebagai dioda penyearah. Apabila sobat tidak ada dioda kiprok, bisa menggunakan 4 dioda biasa sebagai dioda penyearahnya. Semoga bermanfaat. aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat