Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Permasalahan Rangkaian Horisontal Pada TV

Aflahsentosa.com - Memahami Permasalahan Rangkaian Horisontal Pada TV. Artikel yang saya bagikan ini, saya ambil dari group facebook MarsonoTv CRT group yang membahas permasalahn seputar kerusakan pada TV CRT / TV Tabung. Jika sobat semua yang hobby elektronika, khususnya sobat yang sedang belajar servis tv tabung/crt maupun sobat tekhnisi tv yang sudah berpengalaman, apabila berkenan bisa bergabung di group facebook MarsonoTv CRT untuk menambah pengetahuan seputar servis tv crt bagi yang masih belajar servis tv seperti saya, maupun berbagi ilmu pengetahuan seputar servis tv crt bagi sobat yang sudah berpengalaman dalam servis tv tabung/crt.

Biar lebih paham dengan permasalahan yang sering terjadi pada rangkaian horisontal pada tv crt dan nama-nama komponen dan fungsinya, di sini akan saya sampaikan sebagai berikut :
Kapasitor milar yg biasanya dg nilai sekitar 394/400v namanya adalah “S” kapasitor. Lebih lengkapnya Horisontal "S" kapasitor. Sebab dibagian juga ada “S” kapasitor, yg umumnya mempunyai nilai 100 atau 2200uf/35v.

Apabila merubah nilai kapasitor ini, maka akan merubah lebar layar arah horisontal (kiri-kanan)
• Jika nilai kapasitor dikecilkan, maka layar akan tambah lebar kiri-kanan
• Jika nilai kapasitor diperbesar, maka layar akan tambah menyempit kiri-kanan.
• Jika nilai kapasitor ini zooonk, maka semua tegangan flyback akan drops. Mirip jika def yoke tidak dipasang. Gejalanya layar akan nyala satu garis ”tegak vertikal”.

Coil yg diseri dengan def yoke dinamakan Coil Horisontal linear, yg berfungsi sebagai koreksi cacat H.linear. Cacat H.linear adalah cacat sebagai berikut : 
Amati teks yg biasa nampak dibagian bawah layar. Harusnya huruf di pinggir kiri-kanan layar sama. Kalau cacat maka sebelah layar huruf akan nampak gemuk, sebelah nampak kurus.
• Kalau nilai dirubah dari aslinya, maka akan cacat linear
• Kalau dishortkan maka layar akan sedikit melebar kiri-kanan dan cacat linear.
• Coil ini umumnya diberi tanda titik bulat, demikian pula pd pcbnya. Pemasangan tdk boleh terbalik. Klo pemasangan terbalik, maka akan cacat linear.
• Coil biasanya dibagian atas ada nempel magnet kecil bulat macam pil. Klo magnet ini lepas maka layar akan sedikit menyempit.

Memahami Permasalahan Rangkaian Horisontal Pada TV

Komponen yg dilingkari biru adalah merupakan satu kesatuan. Artinya sirkit tersebut baru berfungsi jika semuanya terpasang. Berfungsi untuk koreksi cacat “KINK” atau CACING....yaitu cacat yg akan timbul jika layar menampilkan gambar garis “croos” atau “silang”.
• Dalam prakteknya komponen-komponen ini klo dibuang, konsumen tdk akan bisa melihat perbedaan dalam gambar.
• Paling sering dijumpai elko kecil yg biasa tegangannya 160 atau 250v meletus atau hamil. Hal ini merupakan gejala nilai kapasitor “S” yg berubah turun.

Kumparan def Yoke horisontal ada 2 buah. Umumnya disambung secara paralel, tapi kadang dijumpai ada yg dipasang seri. Maka dalam penggantian defleksi yoke harus perhatikan hal-hal sebagai berikut :

• Mengganti def yoke sebaiknya menggunakan yg impedansi (ohm) yg sama.
• Klo diganti dgn nilai ohm lebih kecil (misal 4 ohm diganti 1.5 ohm), maka bisa berakibat tegangan-tegangan pada Flyback melonjak. Kop Anode CRT bisa "pletek-pletek", Tr Hor cepat panas / cepat rusak. Gambar dan fokus memang tambah bagus, karena teg heater naik, fokus lebih tajam, akan tetapi umur crt bisa lebih pendek dari semestinya.
• Klo def yoke diganti dg nilai ohm lebih besar, maka tegangan Flyback akan drops, fokus kurang baik, gambar jadi kurang tajam.
• Kumparan def yoke yg disambung paralel, apabila putus sebelah akan berakibat layar nyala semacam TRAPEZOID.
• Mengganti def yoke bukan dg aslinya, kalau tdk cocok akan berakibat garis putih pd bagian-bagian pinggi layar (ats-bawah, kiri-kanan) pecah menjadi RGB dan akan nampak jelas pd Logo siaran.
• Def Yoke slim apabila diganti bukan aslinya akan lebih parah lagi, layar pasti akan belang-belang.
• Melepas def yoke sebaiknya jangan sampai merubah posisi atau ajustmen cincin magnet. Terus waktu pasang, kembalikan pd posisi aslinya.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai permasalahan yang sering terjadi pada rangkaian horisontal tv, apabila pemasangan atau penggantian komponen tidak sesuai semestinya. Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama dalam menangani permasalahan tv crt yang kerusakannya pada bagian horisontal. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a comment for "Memahami Permasalahan Rangkaian Horisontal Pada TV"