Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Tulisan Pada Dioda Zener

Aflahsentosa.com - Kode Tulisan Pada Dioda Zener. Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Pada kesempatan kali ini, aflahsentosa.com akan berbagi mengenai kode Dioda Zener. Sebelum membahas mengenai kode dioda zener, terlebih dahulu akan saya sampaikan mengenai apa itu dioda zener. Dioda zener termasuk salah satu komponen elektronika yang terbuat dari Semikonduktor yang di rancang khusus untuk bisa beroperasi pada rangkaian Reverse Bias (Bias Balik). Pada saat dipasangkan pada Rangkaian Forward Bias (Bias Maju), dioda zener akan memiliki karakteristik serta fungsi seperti dioda normal pada umumnya.
Kode Tulisan Pada Dioda Zener

Pada dasarnya, Dioda Zener menyalurkan arus listrik yang mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas (Breakdown Voltage) atau tegangan tembus dioda zenernya. Karakteristik ini  berbeda dengan dioda biasa yang hanya dapat menyalurkan arus listrik ke satu arah. Tegangan Tembus (Breakdown Voltage) ini disebut juga Tegangan Zener.

Dioda zener itu sendiri mempunyai kode huruf atau angka yang menandakan voltage dari dioda zener tersebut. Bagi seseorang yang hobby elektronik, terutama bagi seorang tekhnisi elektronik terkadang perlu mengerti kode-kode yang terdapat pada dioda zener, agar mengetahui volt pada dioda zener sehingga tidak salah pasang dioda zener dengan volt yang seharusnya di butuhkan.

Berikut ini data nomor kode Dioda Zener dengan ukuran watt 0,5 watt, 1 watt, dan 5 watt. Dari masing-masing watt pada dioda zener memiliki bentuk ukuran yang berbeda, semakin besar watt pada dioda zener, maka bentuknya pun semakin besar, di banding ukuran dengan dioda zener yang watt nya lebih kecil. Untuk melihat kode yang terdapat pada Dioda Zener, apabila tulisannya terlalu kecil, perlu menggunakan kaca pembesar untuk melihatnya.

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai Kode Tulisan Pada Dioda Zener, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang hobby elektronik, yang sedang mencari kode-kode dioda zener untuk mengetahui voltage dari dioda zener, agar tidak salah penempatan dalam menggunkan dioda zener. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a comment for "Kode Tulisan Pada Dioda Zener"