Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Trafo Pada Ampli Cepat Panas

Aflahsentosa.com - Penyebab Trafo Pada Ampli Cepat Panas. Bagi sobat yang hobby elektronika tentunya sudang sangat mengenal mengenai komponen elektronika yang satu ini, yaitu trafo atau ada juga yang menyebutnya transformator. Sebelum saya menyampaikan mengenai penyebab trafo panas yang berlebihan pada power ampli, saya akan mengulas secara garis besarnya fungsi dari trafo secara umum, yaitu trafo untuk step down dan step up. Trafo untuk step down yaitu untuk mengubah tegangan tinggi AC menjadi tegangan rendah DC, tegangan rendah ini yang biasa di gunakan sebagai power supply/catu daya untuk menghidupkan power ampli, sedangkan trafo step up atau penaik tegangan, biasanya sering digunakan pada rangkaian inverter untuk menaikkan tegangan rendah DC menjadi tegangan tinggi AC.

Penyebab Trafo Pada Ampli Cepat Panas

Trafo pada power ampli yang cepat panas bisa menjadi masalah pada rangkaian elektronik seperti power ampli dan juga bisa membuat kita bingung cara mengatasinya. Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan trafo pada rangkaian power ampli cepat panas, yaitu di antaranya :

1. DIODA. Apabila pada power ampli, ada dioda yang short terutama pada rangkaian dioda catu daya yang terhubung langsung dengan output trafo, maka ini bisa menyebabkan trafo cepat panas, karena arus tegangan yang keluar dari output trafo bisa langsung kembali ke trafo dan menyebabkan induksi yang berlebihan pada trafo itu sendiri

2. UKURAN AMPERE DIODA. Amper dioda yang terlalu kecil yang tidak imbang dengan amper trafo itu sendiri, juga bisa menyebabkan trafo pada rangkaian power ampli cepat panas, karena output tegangan yang keluar dari trafo melalui dioda melebihi ampere dioda dan terlalu besar, sehingga dioada cepat panas imbasnya bisa kembali ke trafo.

3. DRIVER POWER AMPLI. Pada rangkaian driver power ampli apabila ada transistor driver yang short juga bisa menyebabkan trafo pada power ampli cepat panas.

4. FINAL POWER AMPLI. Trafo cepat panas pada power ampli bisa disebakan karena final power ampli seperti transistor maupun IC ada yang short atau final power ampli mati.

5. KWALITAS TRAFO. Kwalitas trafo yang kurang bagus juga bisa menyebabkan trafo pada ampli cepat panas. Atau pemakaian trafo yang sudah terlalu lama, sehingga kinerja dari trafo itu sendiri menurun dan tidak tahan lama saat digunakan.

Untuk memastikan trafo apakah masih bagus apa tidak, kita bisa mengetesnya trafo tanpa beban yaitu, hubungkan input trafo pada AC dan lepaskan semua beban yang terhubung pada output trafo seperti dioda, dll. Apabila pengetesan trafo tanpa beban, trafo tidak panas walaupun pengetesan lama, berarti trafo masih bagus. Tetapi apabila ouput trafo di kasih beban seperti dioada atau di hubungkan pada rangkain power ampli sebagai beban dan ternyata trafo cepat panas, kemungkinan besar masalahnya pada dioda, rangkaian driver, final ampli spt yang sudah saya sampaikan langkah-langkah di atas, maka dari itu diperlukan pengecekan dari masing-masing komponen seperti dioda, transistor, final power ampli (transistor/IC).

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai penyebab trafo pada ampli cepat panas, semoga bisa menjadi referensi sobat yang hobby elektronik apabila menjumpai trafo pada power amplinya cepat panas. Semoga bermanfaat, Aamiin

Post a comment for "Penyebab Trafo Pada Ampli Cepat Panas"