Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Transistor Final Pada Power Ampli Cepat Panas

Aflahsentosa.com - Penyebab Transistor Final Pada Power Ampli Cepat Panas. Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Bagi sobat yang hobby elektronika dan sering membuat power ampli tentunya sudah paham mengenai transistor final, baik itu macam-macam nomor seri transistor final maupun jenis transistor  yaitu transistor jenis NPN maupun PNP. Dan tentunya bagi sobat yang sudah terbiasa membuat power ampli, kemungkinan sudah paham juga cara mengatasi apabila menjumpai transistor final power ampli yang cepat panas, karena pada kondisi tertentu transistor bisa cepat panas. Apabila panas pada transistor melebihi 75 derajat celcius, maka transistor akan cepat rusak, baik itu transistor horizontal pada tv maupun transistor final pada power ampli.

Bagi sobat yang sedang belajar membuat power ampli dengan merakit sendiri komponen-komponennya, maupun beli kit power ampli yang sudah jadi, tinggal memasang sumber daya adaptornya dan setelah selesai merangkai kit power amplinya, saat testing power ampli dihidupkan ternyata pada transistor final power ampli cepat panas.

Penyebab Transistor Final Pada Power Ampli Cepat Panas

Apabila sobat menjumpai transistor final pada power ampli cepat panas, ada beberapa penyebab yang harus sobat ketahui, diantaranya :

1. Body transistor yang tanpa pelindung isolator, short dengan aluminium pendingin

2. Tegangan Basis yang diterima oleh transistor terlalu besar, melebihi tegangan yang seharusnya

3. Beban pada transistor final lebih besar dari beban seharusnya, misalnya transistor final yang hanya mampu untuk 2 speaker, tetapi di kasih 4 atau lebih speaker dengan watt besar

4. Spoel speaker yang terhubung pada transistor final, spoel sudah rusak / short

5. Tegangan power supply terlalu besar dari yang semestinya.

6. Resistor yang nilainya tahannya sudah berubah atau resistor yang sudah rusak/terbakar juga bisa menyebakan transistor final cepat panas.

Demikian diantaranya yang bisa menyebabkan transistor final pada power ampli cepat panas dan panasnya tidak sewajarnya. Semoga apa yang saya sampaikan di atas mengenai penyebab transistor final pada power ampli cepat panas, bisa menjadi referensi bagi sobat yang hobby elektronik. Terimakasih, semoga bermanfaat. Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Penyebab Transistor Final Pada Power Ampli Cepat Panas"