Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Suara Bass Pecah Pada Power Amply / Speaker Aktif

Aflahsentosa.com - Penyebab Suara Bass Pecah Pada Power Amply / Speaker Aktif. Bagi yang hobby elektronika, terutama sobat yang hobby merangkai komponen elektronika pada papan PCB menjadi rangkaian kit elektronik seperti power amply, tentunya menginginkan suara dari hasil rakitannya bisa mengeluarkan suara bagus sesuai yang di inginkannya, ataupun sobat yang sudah membeli kit elektronik seperti kit power ampy/speaker aktif berharap bahwa kit power yang di belinya bisa menghasilkan suara yang bagus, terutama pada suara bass inginya suara bass bisa "Nendang menggelegar". Tetapi kadang rangkaian/kit elektronik amply/speaker aktif tidak seperti yang di inginkan, misalkan kita ingin rangkaian elektronik yang kita rangkai/buat ataupun kit elektronik yang kita beli bisa mengeluatkan suara bass yang "Nendang menggelegar" tetapi justru suara bass nya pecah pada saat volume di besarkan.

Penyebab Suara Bass Pecah Pada Power Amply / Speaker Aktif

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan suara bass pecah (sember) pada power amply maupun speaker aktif saat volume di besarkan/full. Penyebabnya bukan hanya pada rangkaian kit power amply itu sendiri, tetapi bisa juga pada komponen lainnya. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan suara bass pecah :

1. Cek Speaker. Bisa jadi penyebab dari suara bass pecah saat volume full disebabkan karena membran speaker sudah kendor, daun speakernya sobek, atau bisa jadi daya magnet dan coil pada speaker sudah menurun.

2. Ukuran Speaker. Ukuran speaker yang tidak imbang dengan power amply, juga bisa menyebabkan suara bass pecah. Misalkan watt pada speaker terlalu kecil ataupun ukuran inchi juga terlalu kecil tidak imbang dengan kekuatan power amply, juga bisa menyebabkan bass pecah

3. Power Supply. Kemungkinan juga penyebab dari suara bass pecah saat volume full di sebabkan karena tegangan power yang di pakai tidak sesuai dengan yang sudah di tentukan untuk supply power amply, misalkan power amply harusnya tegangan yang di butuhkan 32 volt, di pasang tegangan 25 volt, jadi saat volume full tegangan bisa drop dan menyebabkan suara bass bisa pecah

4. Ampere Trafo. Amper trafo yang tidak sesuai dengan yang di butuhkan pada rangkaian driver power amply, bisa juga menyebabkan suara bass pecah, itu di karenakan pada saat volume besar/full kuat arus yang diperlukan untuk mendorong sinyal audio ke rangkaian final/speaker tidak kuat, sehingga suara yang di keluarkan lewat speaker tidak bisa kuat cenderung lemah sehingga suara bass pecah. Misalkan sebuah rangkaian power amply 150 wat seharusnya agar menghasilkan suara kuat dan bass yang kuat menggunakan trafo 5 amper, tetapi malah menggunakan trafo 2 amper, walaupun tegangan yang di pasang sesuai kebutuhannya.

5. Box Speaker. Box speaker yang kurang kuat atau ketebalan papan box speaker terlalu tipis juga bisa menyebabkan suara bass pecah, di karenakan pada saat volume full getaran suara yang di keluarkan pada speaker menjadi kuat dan box speaker tidak bisa menahan getarannya.

6. IC/TR Final. Apabila ada salah satu IC/TR Final pada driver power amply yang sudah lemah/menurun kekuatannya atau salah satu IC/TR Final ada yang putus, short juga bisa menyebabkan suara bass pecah, dikarenakan power audio yang di hasilkan tidak bisa kuat, sehingga pada saat volume dibesarkan/full suara yang di keluar dari speaker lemah dan bass bisa pecah.

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai faktor yang bisa menyebabkan suara bass pecah. Apabila sobat punya pengalaman lainnya mengenai penyebab suara bass pecah, sobat bisa menambahi / berbagi di komentar, agar bisa menjadi referensi kita bersama terutama kepada sesama sobat yang hobby elektronik. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a comment for "Penyebab Suara Bass Pecah Pada Power Amply / Speaker Aktif"