Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Input Trafo Tanpa Tegangan 220 Volt

Aflahsentosa.com - Cara Memasang Input Trafo Tanpa Tegangan 220 Volt. Mungkin di antara teman-teman yang hobby elektronik ketika mau memasang power supply untuk menghidupkan sebuah rangkaian elektronik seperti power amply, dll ataupun ingin membuat power suply / adaptor dengan menggunakan trafo, tetapi pada input trafo yang nantinya terhubung pada sumber listrik / AC tidak ada pin untuk 220 volt. Tetapi adanya pin imput tegangan AC 0-110, 0-110, 130 volt yang sering di jumpai pada trafo merk ERA, sedangkan untuk tegangan listrik di Indonesia yang umumnya di distribusikan bagi masyarakat adalah tegangan 220 volt.

Bagi sobat yang sudah terjun lama di bidang elektronik dan sering praktek membuat rangkaian elektronik maupun servis elektronik, apabila menjumpai trafo pada jalur imputnya tanpa pin tegangan 220 volt seperti pada kebanyakan trafo yang ada pin 220 volt, hal itu mungkin tidak menjadikan masalah / bingung dalam memasang trafo yang tanpa 220 volt krn sudah pernah memasang, tetapi bagi sobat yang sedang belajar elektronik, dan sebelumnya belum pernah menjumpai trafo tanpa pin tegangan input 220 volt, mungkin saja bisa membuat bingung bagaimana cara memasang kabel imput trafonya.

Sebenarnya kalau sudah tahu cara memasangnya, sangatlah simpel agar trafo yang tanpa input 220 volt, adanya imput tegangan AC 0-110, 0-110, 130 volt, yaitu agar bisa di gunakan pada tegangan imput AC 220 volt kita tinggal jumper tegangan 110 - 0 volt pin yang ada di tengah trafo, sedangkan untuk pin tegangan 0-110 volt yang ada di pinggir di sambungkan dengan kabel dan steker yang nantinya di colokkan pada stop kontak listrik tegangan 220 volt. Prinsip penjumperan tegangan 0-110 volt pada trafo agar menjadi 220 volt, prinsipnya seperti kita apabila menggabungkan 2 batu batteray dengan masing-masing batteray tegangan 1,5 volt agar menjadi tegangan 3 volt yaitu dengan cara memasang batteray secara seri. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar Cara Memasang Input Trafo Tanpa 220 Volt, di bawah ini. :

Cara Memasang Input Trafo Tanpa Tegangan 220 Volt

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai Cara Memasang Input Trafo Tanpa Tegangan 220 Volt, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat semua yang hobby elektronik, semoga bisa menjadi referensi apabila mau membuat power supply / adaptor dengan menggunakan trafo ERA atau trafo merk lainnya yang tanpa pin 220 volt, tetapi adanya pin imput tegangan AC 0-110, 0-110, 130 volt. Semoga bermanfaat. Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Memasang Input Trafo Tanpa Tegangan 220 Volt"