Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TV LG Ultra Slim Tegangan B+ Over

Aflahentosa.com - TV LG Ultra Slim Tegangan B+ Over. Pada kesempatan kali ini Aflahsentosa.com akan berbagi mengenai cara mengatasi TV LG Ultra Slim tegangan B+ over. Apabila tegangan B+ over, ini bisa menyebabkan TV mati proteck, yaitu saat tv di nyalakan hanya nyala lampu powernya saja, tv tidak bisa star.
Penyebab tegangan B+ over pada TV LG Ultra Slim, di antaranya adalah IC program belum bekerja yang disebabkan karena tegangan supply IC program bermasalah / drop.

Cara mudah mengatasi TV LG  Ultra Slim Tegangan B+ Over

Untuk mengatasi TV LG Ultra Slim tegangan B+ over, bisa kita lakukan langkah-langkah pengecekan tv sebagai berikut :

1. Terlebih dahulu cek transistor horizontal. Untuk keamanan dan lebih akurat dalam pengecekan/pengukuran transistor horizontal terlebih dahulu transistor horizontal di cabut dari papan PCB TV. Setelah transistor lepas, coba ukur tegangan B+, yaitu probe + (merah) multitester pada titik Basis transistor horizontal sedangkan probe - (hitam) multitester pada titik Emitor transistor horizontal.

2. Apabila pada titik Basis transistor horizontal tegangan B+ over seperti pengukuran nomor satu di atas, langkah selanjutnya pengukuran/pengecekan pada Dioda dumper ada 2 buah di sekitar horizontal. Pada pengukuran dioda dumper ini tidak boleh ada kebocoran sedikitpun

3. Apabila pada pengukuran nomor satu transistor dalam kondisi baik dan pengukuran dioda dumper seperti pada langkah ke dua di atas dioda juga dalam kondisi bagus, maka pengukuran selanjutnya pada tegangan supply IC program pada titik elco C826 yaitu Elco 1000mF/16 Volt. Pada pengukuran ini harus ada tegangan 10-12 Volt untuk supply IC program. Apabila di sini tegangan drop maka bisa menyebabkan tegangan supply ic program bermasalah. Coba lepas/cabut Elco 1000mF/16 Volt pada area ic program dan langsung ganti saja elco 1000mF/16 volt dengan elco yang masih normal. 


Seperti pada video tutorial di atas TV LG Ultra Slim Tegangan B+ over, pada pengecekan transistor horizontal dan dioda dumper semua dalam kondisi baik, dan saya langsung saja ganti elco 1000mF/16 volt supply tegangan ic program, setelah elco 1000mF/16 Volt di ganti TV bisa kembali normal, B+ normal.
Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis TV LG Ultra Slim dengan kerusakan B+ Over. Semoga bermanfaat. Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "TV LG Ultra Slim Tegangan B+ Over"