Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasan Tanpa Disadari Yang Dapat Merusak Ginjal

Kebiasan Tanpa Disadari Yang Dapat Merusak Ginjal – Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Dalam manusia dewasa, ukuran ginjal sekitar 11 sentimeter panjangnya. Ginjal menerima darah dari sepasang arteri renalis, dan darah keluar lewat vena renalis. Setiap ginjal berhubungan dengan ureter, tabung yang membawa urin keluar ke kandung kemih.

Dan apabila kita kurang memperhatikan kesehatan ginjal kita, serta tidak memperhatikan kebiasaan pola hidup kita, serta makanan yang kita konsumsi tiap hari terlalu berlebihan bisa berdampak buruk pada ginjal. Diantaranya kebiasaan-kebiasaan yang kadang kita anggap sepele justru kebiasaan tersebut dapat merusak ginjal.

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak ginjal:

1. Minum Kopi Berlebihan
Tahukah anda, kafein dalam kopi ternyata memilik efek buruk jika terlalu sering di konsumsi. Hal itu bisa menyebabkan tekanan darah jadi naik dan ginjal akan terbebani. Seiring berjalannya waktu, jika anda sering minum kopi setiap harinya, maka ginjal anda akan mengalami kerusakan.

2. Kurang Tidur
Ternyata sering kurang tidur dapat merusak ginjal manusia. Karena pada saat malam hari ketika tidur, tubuh anda akan melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh termasuk jaringan pada ginjal anda.

3. Sering Menahan Pipis
Kebiasaan sepele ini sering diabaikan banyak orang. Menahan keluarnya air urin secara terus menerus akan membuat ginjal kita rusak dan menyebabkan gagal ginjal, batu ginjal, dan inkontinensia.

4. Kurang Minum Air Putih
Ginjal memiliki fungsi yaitu menghilangkan racun dari hasil metabolism tubuh. Proses itu dibantu olehair putih. Jadi, jika anda jarang minum air putih, maka racun tersebut akan menumpuk dan bisa merusak ginjal anda.

5. Sering Mengkonsumsi garam
Natrium dalam garam memang baik dalam tubuh, tetapi jika di konsumsi secara terus menerus dan berlebihan, bisa membuat tekanan darah jadi tinggi yang pada akhirnya akan membebani ginjal. Maka dari itu, kurangi asupan garam setiap harinya, jangan sampai lebih dari 5 gram.

Demikian, semoga bisa menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan terutama ginjal kita. Lebih baik berjaga-jaga dari pada mengobati. Semoga bermanfaat, Aamiin

Posting Komentar untuk "Kebiasan Tanpa Disadari Yang Dapat Merusak Ginjal"