Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Virus Corona, Gejala, dan Pencegahannya

Aflahsentosa.com - Mengenal Virus Corona, Gejala, dan Pencegahannya. Pada akhir Desember tahun 2019 wabah virus corona ini mulai terdeteksi di Kota Wuhan, sebuah kota besar di tengah-tengah Negara China. Sejak saat itu menyebar dengan cepat ke beberapa kota di China juga ke luar negeri, seperti jepang, Korea Selatan, Taiwan, Amerika Serikat, Perancis, termasuk 3 Negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Singapura. Pada tanggal 25 Januari 2020 hampir 1.300 orang terinveksi virus , dan korban tewas mencapai 41 orang, mayoritas dari kota Wuhan. 12 kota di China termasuk Wuhan ditutup aksesnya oleh pemerintah, 35 juta penduduknya dilarang melakukan perjalanan, padahal pada tanggal 25 Januari 2020 adalah puncak liburan Tahun Baru Imlek, dimana biasanya mereka mudik untuk bertemu dengan keluarga.

Gejal dan Pencegahan Virus Corona

Apa itu virus Corona, yang menjadi penyebab kekacauan ini? Disebut "corona" karena berbentuk mirip mahkota atau corona matahari, ketika dilihat menggunakan mikroskop elektron. Virus ini bisa menyebar dan ditransmisikan melalui udara dan biasanya menginfeksi saluran pernapasan dan pencernaan binatang mamalia, reptil dan juga berbagai jenis burung. Mereka yang terinfeksi virus dengan nama resmi 2019 nCoV ini, akan mengalami gejala pneumonia, seperti batuk, demam, susah bernafas, dan pada kasus-kasus tertentu menyebabkan kegagalan organ. Dari rekaman bahkan menunjukan ada yang tiba-tiba jatuh pingsan.

Viru corona ini masih satu famili dengan virus penyebab SARS, yang pada tahun 2002, juga muncul pertama kali di China lalu mewabah dan menewaskan ada 774 orang di 17 negara di dunia.Virus ini pada awalnya menular dari binatang ke manusia dan saat ini bisa melakukan transmisi dari manusia ke manusia. Virus ini pertama kali muncul pada sejumlah penjual dan pembeli, di sebuah pasar di kota Wuhan, yang menjual bermacam daging seperti merak, keledai, ular, babi, tikus bambu, reptil, hingga kelelawar. Setelah mewabahnya virus corona, pasar ini disegel oleh pemerintah.

Sejumlah rumah sakit di China dipenuhi dan disesaki oleh orang-orang yang terindikasi terinfeksi oleh virus corona. Rumah sakit darurat di bangun dengan cepat di sumber wabah. Pasien bahkan dikarantina menggunakan tabung-tabung plastik. Mereka yang terinfeksi di negara lain, termasuk di Eropa dan Amerika terindikasi pernah melakukan perjalanan ke Negeri China. Di media sosial China, bermunculan tulisan-tulisan penuh kekecewaan yang ditujukan kepada otoritas pemerintah kota Wuhan,yang mereka anggap gagal dalam menangani wabah ini. Mereka juga menyalahkan media-media Partai Komunis China, yang ketika ini muncul, tidak menjadikan berita utama. Sejumlah pedagang frustasi karena mengalami kerugian ekonomi. Petugas medis mengalami stress karena bekerja tanpa batas waktu. Pelajaran apa yang bisa dipetik dari peristiwa ini?

Gejala klinis seseorang terkena Virus Corona:
1. Demam
2. Batuk, Pilek
3. Gangguan Pernapasan
4. Sakit Tenggorokan
5. Letih Lesu

Pencegahan agar terhindar dari Virus Corona
1. Hindari kontak langsung dengan hewan seperti dijelaskan di atas
2. Cuci tangan menggunakan sabun sehabis kontak dengan binatang
3. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut sebelum tangan benar-benar bersih
4. Gunakan masker apabila bepergian / keluar rumah

Metode pencegahannya adalah menjaga tenggorokan tetap lembab, jangan sampai tenggorokan Anda mengering. Dengan demikian jangan menahan dahaga Anda karena begitu membran di tenggorokan Anda kering, virus akan menyerang ke dalam tubuh Anda dalam waktu 10 menit.
Minumlah 50-80 cc air hangat, 30-50 cc untuk anak-anak, sesuai umur. Setiap kali Anda merasa tenggorokan Anda kering, jangan menunda, harus langsung minum.
Jangan minum banyak pada satu waktu karena hal itu tidak membantu, tapi jaga terus kelembapan tenggorokan.
Kalau tidak sangat mendesak, jangan pergi ke tempat-tempat ramai/negara yang sudah terindikasi terkena wabah Virus corona, pakai masker terutama di kereta atau transportasi umum.
Hindari makanan yang digoreng atau pedas. Konsumsi banyak vitamin C.

Sebagai manusia beragama kita hanya bisa berusaha dan berdoa memohon pada Allah agar terhindar dari wabah penyakit seperti virus corona, marabahaya, petaka dan lain sebagainya. Dan kita juga harus memakan makanan yang sekiranya hallal, diperbolehkan dan yang Allah berikan, sesuai firman Allah dalam Qur'an Surat Al Maidah ayat 88

وَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْٓ اَنْتُمْ بِهٖ مُؤْمِنُوْنَ
"Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama untuk selalu menjaga kesehatan kita dan berhati-hati dalam memilih makanan (tidak sembarangan makan). Semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "Mengenal Virus Corona, Gejala, dan Pencegahannya"