Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak - Pada postingan yang lalu aflahsentosa.com sudah memposting atau berbagi artikel mengenai Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kecerdasan Otak. Pada kesempatan kali ini, Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Kebiasaan-kebiasaan ini yang sering dilakukan, tanpa kita sadari kebiasaan - kebiasaan ini justru bisa meningkatkan kinerja pada otak kita. Kebiasan-kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak, tetntunya kebalikan dari kebiasaan-kebiaaan yang dapat menurunkan kecerdasan otak. Mari kita bahas satu per satu :

Kebiasaan yang dapat Mencerdaskan Otak

1. Lakukan Sarapan Pagi Secara Rutin
Otak kita butuh nutrisi untuk meningkatkan kinerja otak, maka dengan kita sarapan pagi secara rutin yang mengandung unsur gizi atau nutrisi untuk otak kita, sehingga otak bisa bekerja optimal. Apabila tidak sarapan pagi, kibatnya suplay nutrisi ke otak menjadi kurang. Padahal, otak juga butuh "makan" agar dapat bekerja optimal.

2. Jangan Terlalu Banyak Makan
Makan terlalu banyak dan yang berkadar lemak tinggi, bisa menyebabkan mengerasnya pembuluh darah otak yang disebabkan penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Sehingga berakibat kemampuan kerja otak akan menurun. Maka dari itu untuk meningkatkan kecerdasan otak, usahan jangan terlalu banyak makan (jangan kekenyangan) karena apabila kekenyangan biasanya timbul rasa ngantuk sehingga kinerja otak menurun sulit untuk berfikir. Agar organ dalam perut kita mencerna makanan dengan baik, usahan berhenti makan sebelum kenyang karena harus terisi air dan udara / oksigen untuk membantu pencernaan

3. Jangan Merokok
Karena zat-zat kimia yang terdapat dalam rokok yang dihisap, seperti karbon monoksida, bisa menghalangi kemampuan darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak, hal ini bisa mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Nikotin yang terkandung pada tembakau/rokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah. Akibatnya, aliran lemak terganggu sehingga menyumbat pembuluh darah dan menghalangi aliran oksigen dan nutrisi ke otak. Dengan kita tidak merokok, maka aliran oksigen ke otak bisa lancar karena tidak adanya zat-zat yang terkandung pada rokok yang menghambat aliran oksigen dan nutrisi ke otak.

4. Usahakan Waktu Tidur Yang Cukup
Untuk memulihkan kemampuannya, otak perlu beristirahat yaitu istirahat yang paling baik dengan tidur dengan cukup waktu. Apabila sering kurang tidur lama-kelamaan sel-sel otak akan cepat rusak. dikutip dari www.halodoc.com waktu tidur yang ideal untuk masing-masing usia berbeda, untuk remaja sampai orang tua idealnya rata-rata 8 jam.

5. Jangan Menutup Kepala Saat Tidur
Dengan menutup kepala saat tidur dapat meningkatkan zat karbondioksida yang dapat menurunkan proses menghirup oksigen sehingga dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak. Maka dari itu agar selama kita tidur asupan oksigen pada otak bisa mengalir dengan baik, usahakan jangan menutup kepala saat tidur

6. Jangan Berfikir Keras Saat Sedang Sakit
Pada saat kita sedang sakit tentunya kinerja otak kita sedang menurun karena kekurang asupan nutrisi ke dalam otak. Maka apabila kita bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat kondisi sakit dapat menyebabkan kelelahan berlebihan pada otak dan justru bisa mengurangi efektifitas kerjanya, bahkan lama-lama dapat merusaknya.

7. Makan Makanan Yang Bergizi
Dengan makan makanan yang bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, lauk, dan sayur-sayuran, serta buah-buahan, maka tubuh bisa menjadi sehat karena kebutuhan nutrisi untuk tubuh bisa terpenuhi, sehingga asupan nutrisi ke otak juga sesuai dengan yang di butuhkan otak dan bisa meningkatkan kecerdasan otak

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Semoga bermanfaat. aamiin

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak"