Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kecerdasan Otak

Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kecerdasan - Pada kesempatan kali ini, Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai kebiasaan-kebiasaan yang kadang kita lakukan baik di sadari maupun tidak, kebiasaan tersebut dapat menurunkan kecerdasan kita. Kebiasaan seperti apa yang dapat menurunkan kecerdasan, mari kita bahas satu per satu :

Enam Kebiasan Yang dapat Menurunkan Kecerdasan

1. Tidak Sarapan
Mereka yang tidak terbiasa sarapan atau makan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah. Akibatnya suplay nutrisi ke otak menjadi kurang. Padahal, otak juga butuh "makan" agar dapat bekerja optimal.

2. Makan Terlalu Banyak
Makan terlalu banyak dan yang berkadar lemak tinggi, bisa menyebabkan mengerasnya pembuluh darah otak yang disebabkan penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Sehingga berakibat kemampuan kerja otak akan menurun.

3. Merokok
Zat-zat kimia yang terdapat dalam rokok yang dihisap, seperti karbon monoksida, bisa menghalangi kemampuan darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak, hal ini bisa mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Nikotin yang terkandung pada tembakau/rokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah. Akibatnya, aliran lemak terganggu sehingga menyumbat pembuluh darah dan menghalangi aliran oksigen dan nutrisi ke otak.

4. Kurang Tidur
Untuk memulihkan kemampuannya, otak perlu beristirahat yaitu dengan tidur. Apabila sering kurang tidur lama-kelamaan sel-sel otak akan cepat rusak.

5. Menutup Kepala Saat Tidur
Jangan di biasaan tidur dengan menutup kepala, karena dapat meningkatkan zat karbondioksida yang dapat menurunkan proses menghirup oksigen sehingga dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

6. Berfikir Keras Saat Sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat kondisi sakit dapat menyebabkan kelelahan berlebihan pada otak dan justru bisa mengurangi efektifitas kerjanya, bahkan lama-lama dapat merusaknya.
Demikian kebiasan-kebiasan yang dapat menurunkan kecerdasan. Semoga bermanfaat. aamiin (Inspirasai kesehatan @sehatreceh)


Posting Komentar untuk "Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kecerdasan Otak"