Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Layar TV Pada Bagian Atas Bergaris

Cara Mengatasi Layar TV Pada Bagian Atas Bergaris - Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi atau memposting masih mengenai permasalahan pada televisi. Untuk kali ini pada TV LG yaitu layar pada bagian atas terdapat garis-garis seperti garis pada buku. Ini berdasarkan pengalaman admin aflahsentosa.com pada saat menangani TV LG layar pada bagian atas bergaris.

Cara Mengatasi TV Layar Bergaris Pada Bagian Atas

Permasalahan TV seperti di atas yaitu Layar TV Pada Bagian Atas Bergaris bagi sobat tuser, khususnya yang bergerak di bidang servis TV sudah lama atau jam kerjanya sudah lama tentunya permasalahan semacam itu tidaklah membingungkan karena sudah mengetahui pada bagian atau blog TV yang harus di cek. Tetapi bagi sobat yang sedang belajar servis TV, jam kerjanya belum lama dan apabila belum pernah menjumpai kerusakan tv dengan kerusakan layar TV pada bagian atas bergaris tentunya bisa membuat bingung, tetapi jangan khawatir, karena admin aflahsentosa.com akan berbagi pengalaman dalam menangani kerusakan TV layar pada bagian atas bergaris.

Kerusakan seperti yang di sampaikan di atas, kerusakannya pada bagian blog vertical karena adanya tegangan yang mensuply IC vertical kurang sempurna atau tidak sesuai yang disebabkan karena adanya komponen yang sudah menurun kekuatannya/nilainya seperti elco yang kering atau elco yang bocor. Kalau elco yang bocor biasanya di tandai dengan body elco pada bagian atas yang pecah atau bisa juga membengkak. Tetapi apabila elco yang sudah kering yaitu cairan elektrolit di dalam elco sudah mengering sehingga menyebabkan nilai kapasitornya menurun, kadang dari segi fisik kalau masih awam tidak kelihatan jika elco sudah kering, bisa dicek menggunakan alat tes kapasitor ESR.

Apabila belum mempunyai alat tes kapasitor ESR, sobat bisa langsung ganti saja elco di sekitar area/blog vertical, seperti yang saya lakukan, karena saya belum punya ESR langsung saja saya ganti elco pada area vertical, yaitu pada kasus TV LG yang saya servis, saya ganti ELCO 100mF/35 Volt, karena saya tidak punya stok ELCO 100mF/35 Volt, saya ganti menggunakan ELCO 220mF/35 Volt, asalkan selelisihnya mikro farat tidak terlalu tinggi dan untuk tegangannya masih sama sesuai tegangan pada elco aslinya saya kira tidak masalah. Setelah elco 100mF/35 Volt diganti dengan elco 220mF/35 layar TV kembali normal, garis-garis pada layar bagian atas hilang seperti tampak pada gambar di bawah ini :


Apabila setelah elco 100mF/35 Volt di ganti dengan yang normal/baru tetapi garis-garis pada layar tv bagian atas masih ada/belum hilang, coba ganti elco lainnya di sekitar area vertical seperti pada kerusakan TV kasus yang sama seperti diatas, pada TV LG Slim seri lain yang sudah saya posting sebelumnya. Demikian yang bisa saya bagikan mengenai kerusakan TV layar bergaris pada bagian atas. Semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis TV dan semoga bermanfaat. Aamiin

Silahkan Kunjungi Video Berikut Ini :

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Mengatasi Layar TV Pada Bagian Atas Bergaris"