Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Modul MP3 Player USB Pada Salon Aktif

Aflahsentosa.com - Cara memasang modul MP3 player USB pada salon aktif. Tentunya Sobat yang hobby elektronik sudah pernah mendengar dengan istilah MP3. Sebelum terkenal adanya modul mp3 player USB seperti sekarang ini, lebih terkenal dahulu di kalangan penggemar musik yaitu CD MP3 yang bisa di putar pada VCD player yang sudah suport dengan file MP3 (cd mp3). Tetapi untuk sekarang ini yang sudah serba digital, untuk memutar file jenis MP3 bisa menggunakan modul MP3 player melalui USB flashdisk maupun memory card, yang bisa Anda beli di toko-toko elektronik / penjual sparepart elektronik.

Dengan seiringnya kemajuan tekhnologi dan kreatifitas para produsen perangkat elektronik untuk mempermudah para peminat musik dalam memutar musik kesayangannya, para produsen maupun pabrik pembuatan speaker aktif atau salon aktif sekarang ini sudah banyak yang dilengkapi dengan modul MP3 player agar bisa memutar file MP3 melalui USB flashdisk maupun memory card. Tetapi apabila sobat yang sudah terlanjur membeli salon aktif/speaker aktif tetapi belum ada modul MP3 player USB, sobat bisa menambahkan modul MP3 player pada speaker aktif / salon aktif seperti gambar berikut :

Cara memasang modul MP3 player pada salon aktif

Cara memasang modul MP3 sebenarnya sangat mudah bagi sobat yang hobby elektronik, caranya tidak jauh berbeda dengan cara memasang modul MP3 dan MP5 yang sudah saya bagikan / posting sebelumnya. Hanya saja apabila sobat memasang modul mp3 pada salon aktif, sobat harus melobangi box salon aktif untuk tempat memasang modul mp3 seperti gambar di atas. Untuk memasang modulnya sesuaikan dengan keinginan sobat bisa di depan seperti gambar di atas atau bisa juga di samping yang penting ada tempat untuk memasang modulnya.

Output audio pada modul bisa di pasang menggunakan kabel pada jalur input audio speaker aktif/salon aktif, sedangkan input pada modul bisa di pasang jalur RCA yang sebelumnya untuk memasang jalur input speaker aktif. Untuk teagangan menghidupkan modul mp3 player 5 volt bisa ambil arus tegangan dari tone control/power aktif, apabila tegangannya masih 12 volt, sebelum untuk power modulnya terlebih dahulu di pasang IC 7805 apabila pada modul mp3 player belum terpasang IC 7805 agar menjadi tegangan 5 volt. Tetapi apabila mengambil tegangan dari tone control/power amply satu trafo, suaranya malah berdengung atua tidak bersih, sobat bisa membuat power supply 5 volt dengan trafo sendiri 1 amper khusus untuk menghidupkan modul MP3.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara memasang modul MP3 player USB pada salon aktif / speaker aktif semoga menjadi referensi bagi sobat yang hobby elektronik, suka merangkai kit elektronik dan ingin memasang modul mp3 pada speaker aktif. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat