Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Di Program Menggunakan Remot

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Di Program Menggunakan Remot - Hallo apa kabar sobat semuanya...? Semoga dalam keadan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai cara mengatasi TV yang tidak bisa memindah channel ataupun memprogram menu lainnya menggunakan remot kontrol, bisanya menggunakan tombol pada panel TV. Padahal remot masih berfungsi baik/normal dan warna, suara, serta gambar pada layar TV normal.

Untuk Mengecek Remot Kontrol Bisa Menggunakan Camera HP, apabila belum mempunyai alat khusus untuk mengecek remot kontrol apakah masih normal atau tidak, bisa menggunakan camera HP. Apabila masih normal, maka akan memancarkan sinar infra merah pada led bagian depan remot dan sinar infra merah bisa kelihatan menggunakan camera, misalkan camera HP.

Apabila menjumpai kerusakan TV seperti yang di sampiakan di atas TV Tidak Bisa Di Program Menggunakan Remot padahal remot masih bagus, itu disebabkan karena sensor pada TV  pada panel bagian depan rusak.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Di Program Menggunakan Remot

Untuk melakukan pengecekan bisa lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

LANGKAH 1
Pengecekan menggunakan multitester pada posisi switch DC x10 Volt, dilakukan pada +VCC Rx IR Sensor. Pada pengukuran ini harus ditemukan tegangan DC 5 Volt, bila tidak SENSOR konslet, perlu di ganti yang normal.

LANGKAH 2
Pengecekan menggunakan multitester pada posisi switch DC x2,5 Volt dilakukan pada kaki output Rx IR Sensor, kemudian pencet - pencet tombol angka pada remot kontrol sambil amati jarum pada multitester, jarum harus bergerak naik. Apabila jarum pada multitester tidak naik berarti Rx IR Sensor rusak.

Demikian yang bisa samapikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita di bidang servis TV. Terimaksih telah berkunjung ke Blog Aflah Sentosa