Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGECEK REMOT KONTROL MENGGUNAKAN KAMERA HP

Postingan kali ini, saya akan memposting mengenai bagaimana cara mengecek remot kontrol menggunakan camera HP, apakah remot masih bisa mengeluarkan gelombang sensor infa merah atau tidak bisa dilihat / di cek menggunakan camera HP, karena sinar infra merah tidak bisa di lihat menggunakan mata langsung / kasat mata tanpa alat bantu.

Sistem sensor ini pada dasarnya menggunakan infra merah sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Penerapan sistem sensor infra merah sangat bermanfaat sebagai pengendali jarak jauh. Adapun pemancar pada sistem ini terdiri sebuah LED infra merah yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu membangkitkan data untuk dikirim melalui sinar infra merah, sedangkan pada bagian penerima biasanya terdapat modulasi infra merah yang berfungsi untuk menerima sinar infra merah yang di kirim oleh pemancar dalam hal ini remot kontrol.

Cara mengecek remot kontrol menggunakan camera HP, langkah-langkah nya sebagai berikut  :

1. Buka Menu HP Pilih Camera


2. Setelah camera hp terbuka, Arahkan bagian depan remot ke arah kamera


3. Setelah bagian remot hp di arahkan pada camera hp, coba pencet tombol keypad pd remot  kontrol. Bila remot control masih normal akan memancarkan sinar infra merah dari LED remot dan bisa di lihat pada layar HP


Coba pencet satu per satu tombol keypad pada remot kontrol, jika semua tombol keypad remot di pencet mengeluarkan sinar infra merah yang tampak pada layar hp berarti remot masih normal. Bila keypad di pencet ada salah satu tombol yg di pencet tidak mengeluarkan sinar infra merah berarti tombol tersebut tidak konek, bisa jd krn karbon/penghantar yang ada pada keypad remot yang akan menempel pada papan PCB remot sebagai switch habis, cb gosok keypad pakai karbon pensil 2B atau yang lebih lunak karbonnya dan bersihkan kotoran yang menempel pada papan PCB remot bagian tombol menggunakan kain bersih / tisue.




Posting Komentar untuk "CARA MENGECEK REMOT KONTROL MENGGUNAKAN KAMERA HP"