Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Saklar 3 Kaki / Pin ke Trafo

Cara Memasang Saklar 3 Kaki ke Trafo – Hallo apa kabar sobat semua…. ? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini, Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai cara pemasangan Switch (Saklar) 3 Kaki/Pin. Bagi sobat tuser / yang hobby elektronik, yang sudah terbiasa memasang saklar jenis ini yang mempunyai 3 kaki, tentunya tidak kebingungan lagi, dimana saklar ini terdapat lampu. Apabila ke 3 kaki saklar dipasang dengan benar sesuai jalur dari input AC dan yang menuju trafo maka trafo bisa berfungsi dengan benar untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dan juga lampu pada saklar bisa nyala.

Tetapi apabila salah memasang kaki input saklar tidak sesuai semestinya, bisa terjadi konsleting karena bisa jadi antara jalur input AC (0 dan +) saat saklar di ON bisa terhubung sehingga mengakibatkan konslet, seperti yang pernah saya alami salah pasang input AC pada kaki saklar.
Tetapi apabila saklar jenis ini yang mempunyai 3 kaki hanya di gunakan sebagai pemutus dan penghubung arus saja dan lampu pada saklar tidak mau di nyalakan apabila salah pasang input AC pada kaki saklar tidak akan terjadi konslet, asal yang di ambil hanya satu jalur input AC (kabel AC), apa bila salah pasang saklar tidak fungsi sebagai pemutus atau penghubung arus listrik.
Berikut Cara Pemasangan Saklar 3 Kaki / Pin ke Trafo :
Cara memasang saklar 3 kaki ke trafo
Kaki/Pin saklar yang warna perak pinggir dari input listrik / AC sedangkan kaki saklar yang perak tengah ke trafo dan yang kaki warna emas jalur listrik / AC yang satu nya untuk menyalakan lampu saklar. Demikian semoga bermanfaat.