Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi dan Fungsi Computer Berdasarkan Penggunaanya

Spesifikasi dan fungsi computer berdasarkan penggunaanya

Spesifikasi dan Fungsi Computer Berdasarkan Penggunaanya - Sebelum kita membeli computer atau mau merakit sebuah computer,  maka alangkah baiknya kita ketahui dulu tujuan kita membeli computer atau mau merakit computer mau digunakan/difungsikan secara khusus untuk apa ? Dan kualitas computer seperti apa yang kita inginkan sesuai anggaran yang di siapkan. Semakin bagus kualitas sebuah computer dan semakin tinggi spesifikasinya, tentunya harganya juga semakin tinggi. Misalkan kita mau beli ataupun merakit computer untuk belajar menulis document office, kita tidak perlu beli / merakit computer dengan spesifikasi tinggi agar menghemat anggaran, walaupun tidak ada larangan mau beli computer/merakit computer dengan spesifikasi tinggi, kualitas bagus asal ada anggarannya dan uang sendiri.

Pasaran komputer ibarat sebuah hutan rimba yang harus kita jelajahi dan jika petunjuk tidak jelas kita bisa tersesat. Para penjual komputer menyediakan sangat banyak pilihan dan kadang-kadang kita sebagai orang awam bingung dalam memilih computer. Agar tidak kecewa dikemudian hari, carilah dengan cermat, atau yang masih awam sebaiknya beli computer di tempat yang sudah terpercaya. Dan jangan lupa garansi produk Hardware, jika suatu hari terjadi kerusakan pada hardware nya, kita bisa meng klaim jika masih masa garansi. Berikut ini kami mencoba memberikan gambaran umum komputer yang dapat digunakan untuk 
spesifikasi tertentu.

1. Komputer Office
Jika komputer yang akan kita beli/rakit mau digunakan untuk menjalankan program Office, disarankan tidak perlu komputer dengan spesifikasi tinggi. Hal ini karena akan menghasilkan ketidakseimbangan antara kinerja dan dana yang dikeluarkan. Untuk itu kita cukup menggunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut.
Prosesor                    : Intel Pentium IV solo (2,4 GHz)
Memori            : DDRAM 512 MB
VGA dan sound card : Onboard

2. Komputer Multimedia dan Internet
Untuk menjalankan aplikasi multimedia dan hiburan, dan internet disarankan menggunakan komputer dengan spesifikasi menengah, tetapi dengan sound card dan speaker yang bagus (format suara 5.1 ke atas). Jangan lupa lengkapi dengan monitor ukuran 17" dan perangkat hiburan lainnya, seperti TV turner, FM turner, dan TV capture, modem.
Prosesor    : Intel Pentium IV 3,0 GHz
Memori     : DDRAM 1024 MB
VGA card : Misalnya Ge-Force dengan kapasitas 256 MB DDR

3. Komputer Desain Grafis dan Video Editing
Untuk keperluan desain grafis terutama video editing, membutuhkan spesfikasi yang besar, maka disarankan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi di atas rata-rata. Hal ini karena dibutuhkan komputer dengan performance yang baik dan tampilan detail grafik yang tinggi.
Monitor    : Ukuran 17".
Prosesor    : Intel Pentium IV  Core2Duo 2,0 GHz atau AMD yang setara.
Memori     : DDRAM 2 GHz
VGA card : Ge-Force dengan kapasitas, 512 MB DDR

4. Komputer  Game
Komputer  untuk  game  memerlukan  spesifikasi  yang  tinggi.  Selain membutuhkan performance dan tampilan detail grafik yang baik, juga diperlukan VGA carcV yang mampu mendukung  3D.  Supaya  lebih  sempurna,  dukungan monitor  ukuran  17"  tidak  dapat dielakkan.  Kartu  suara  di  atas  rata-rata dipadukan  dengan  speaker  yang  baik  akan memberikan kenikmatan bagi para gamers.
Prosesor   : Intel Pentium  IV Core 2 Duo 2,0 GHz atau di atasnya
Memori    : DDRAM 2 GHz
VGA : Ge-Force atau ATI RADEON  terbaru dengan kapasitas minimal 512 MB DDR.

Gamers biasanya memainkan komputernya dalam waktu yang lama, sehingga PC selalu bekerja keras dan tingkat suhunya di atas rata-rata. Oleh karena itu system pendinginan pada PC harus bisa berjalan dengan baik. Kita harus menambah kipas pendingin pada CPU agar udara panas bisa keluar dengan cepat. Sebaiknya pilihiah kipas pendingin yang sudah dilengkapi soket power. Hal ini untuk memudahkan kita memasangnya.

5. Komputer untuk Server
Komponen-komponen komputer yang digunakan sebagai server harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Komponen yang dipilih juga harus memiliki life time yang relatif lama. Perlu diingat bahwa komputer server digunakan secara terus menerus, bahkan bisa mencapai berbulan-bulan nonstop. Komputer server ini juga harus memiliki kestabilan dan kecepatan transfer data yang tinggi. Agar komputer server bekerja dengan optimal, prosesor yang digunakan harus memiliki cache memory tinggi.
Prosesor  : Intel Pentium Xeon atau Itanium dan AMD MP yang memiliki cache memory hingga 2 MB
Memori   : DD/RD-RAM di atas 3 GB
Motherboard : sebaiknya memiliki soket dual prosesor
Harddisk : yang memiliki interface SATA dengan kapasitas di atas 200 GB
VGA : tidak perlu spesifikasi tinggi, menggunakan yang onboard pun tidak masalah.


Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat