Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer

Cara Meningkatkan kinerja komputer
Meningkatkan Kinerja Computer – Untuk meningkatkan kinerja pada sebuah computer harus dilakukan perawatan secara rutin, diantaranya perawatan Software. Untuk Memelihara dan merawat perangkat lunak computer merupakan tugas yang tidak dapat diabaikan oleh setiap pengguna dan/atau pemilik komputer. Meskipun terkesan sepele, namun beberapa pengetahuan dasar dalam merawat dan mengelola komputer belum sepenuhnya dikuasai. Padahal dengan merapikan dan merawat secara rutin perangkat komputer, dapat menjaga stabilitas bahkan meningkatkan kinerja komputer yang ada. Berikut kiat-kiat umtuk meningkatkan kinerja computer :

A. Pemeliharaan Perangkat Lunak
1. Hidup dan matikan komputer sesuai prosedur yang benar. Pada sistem operasi Windows, lakukan selalu proses Shut down sehingga saat menghidupkan kembali komputer tidak terjadi masalah dengan sistem operasi. 

2. Gunakan program bantu anti virus. Dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. Sebaiknya kurangi transfer dengan media disket.

3. Lakukan backup data secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga kemanan data, mengurangi   penggunaan   kapasitas   media penyimpan   dan   memudahkan pendistribusian data jika dibutuhkan.

4. Untuk keamanan data gunakan selalu UPS dan Stavol agar jika sewaktu waktu aliran listrik padam, masih ada cukup waktu untuk menyimpan pekerjaan lalu melakukan Shut down sesuai prosedur.

5. Lakukan penataan disk (hard disk drive) secara rutin. Karena proses hapus tulis pada media penyimpan (hard diskdrive), mengakibatkan susunan atau struktur file menjadi tidak teratur. Gunakan program bantu seperti Scandisk dan Defrag.

6. Sebaiknya tidak melakukan instalasi sistem aplikasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. Semakin padat system konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi, akan memperlambat kinerja komputer.


B. Menyehatkan Komputer
Tidak hanya bersih, komputer juga perlu sehat. Untuk itu lakukan perawatan dengan fasilitas  yang tersedia pada komputer. Ikuti langkah langkah berikut:

1. Klik kanan pada ikon My Computer dan pilih Explore

2. Klik kanan ikon hard disk drive [C], lalu pilih [Properties]

3. Klik tab [General] Disini akan teriihat kapasitas hard disk drive, baik yang sudah terisi maupun yang masih kosong.

4. Klik tombol [Disk Cleanup] maka secara otomatis komputer akan mencari semua file yang harus dibuang dari drive [C]

5. Muncul kotak dialog "Disk Cleanup for System (C): " dengan daftar file yang bisa dihapus dari sejumlah folder.

6. Pastikan memberi tanda centang   pada semua kotak File for Delete, lalu klik [OK]. Jika muncul kotak dialog konfirmasi, klik [Yes].

7. Kembali ke kotak dialog Properties hard disk drive, klik tab [Tools]. Periksa apakah ada kerusakan sistem atau tidak dengan meng-klik [Check Now] pada menu Error Checking.

8. Muncul kotak dialog Chek Disk System (C), beri tanda centang pada kedua pilihan [chek disk option]kemudian klik tombol [Start].

15. Sekarang rapikan susunan file di hard disk drive. Balik ke kotak dialog Properties hard  disk  drive,  dan  klik [Tools], [Defragment  Now].  Tujuannya  adalah mengumpulkan ke grupnya masing-masing seluruh file-file yang tercecer sehingga sistem lebih mudah, cepat, dan lancara saat membuka aplikasi dan file. Tunggu sampai proses selesai.

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat