Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

Cara mengatasi TV Polytron mati total

Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total - Pada kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai cara mengatasi TV Polytron 123 mati total, tetapi lampu power tetap masih nyala, dan saat di nyalakan TV pada posisi standby ketika di start dengan memencet tombol program + pada panel tombol dan pencet tombol power pada remot TV tidak mau nyala dan bila diamati lampu power pada saat pencet tombol power pada remot/pada tombol panel lampu redup sesaat dan kembali terang. Hal ini disebabkan karena pada rangkaian TV ada komponen yang proteck/konslet atau ada komponen elco yang kering, sehingga tegangan pada TV tidak normal.
Untuk ngecek elco yang kering bisa menggunakan alat khusus seperti ESR, tetapi karena saya belum punya ESR saya hanya menggunakan feeling dan pengamatan apabila ada elco yang bodinya atas sudah agak menonjol “hamil” tidak rata seperti pada umumnya maupun pembungkus body elco ada yang mengkerut/ langsung saja elco saya ganti.

Untuk melakukan pengecekan atau perbaikan TV dengan kasus seperti saya sampaikan di atas, bisa lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Setelah tutup belakang TV di buka, coba tarik mainboard TV dan amati komponen-komponen TV barangkali ada kaki komponen yang putus karena korosi, maupun ada solderan yang lepas/retak, sehingga kaki komponen tidak menempel pada papan PCB dan perlu di solder ulang.

2. Lepas transistor horizontal, di ukur menggunakan multitester, transistor masih dalam keadaan normal atau tidak. Kalau sudah rusak perlu ganti


3. Pada saat transistor horizontal di lepas, coba nyalakan TV dan ukur tegangan menggunakan multitester pada titik Colector dan Emitor transistor horizontal pada PCB TV (kabel merah multi tester pada titik Colector dan kabel hitam multitester pada titik Emitor)

4. Pada langkah 3 diatas pengukuran normal harus di temukan tegangan sekitar 110-115 Volt. Apabila tidak ada tegangan maupun tegangan terlalu rendah, itu bermasalah pada PSU / regulatornya, kemungkinan ada komponen yang konslet/putus seperti diode, transistor atau bisa juga ada elco yang kering / bocor perlu pengecekan.

5. Pada langkah 3 diatas apabila pengukuran normal ada tegangan 110-115 Volt, dan transistor horizontal yang masih normal yang tadi di lepas dipasang lagi, selanjutnya nyalaknaan TV, apabila flyback tidak bisa kerja / TV masih belum bisa nyala, berarti FLYBACK RUSAK, seperti kasus TV Polytron mati total yang saya alami. Setelah flyback saya ganti yang normal, TV Polytron bisa nyala, tegangan normal 115 Volt, bisa muncul logo Polytron tetapi layar putih dan dikasih input AV hanya suara yang muncul, gambar belum ada, setelah saya cek bagian RGB heater tidak nyala.

Setelah lakukan pengecekan ternyata ada kabel RGB/Heater yang dari mainboard TV ke jalur RGB ada yang putus, seperti gambar di bawah:


Setelah flyback ganti yang normal dan kabel yang putus pada bagian RGB saya solder lagi, TV Polytron bisa nyala dengan baik, gambar, suara, warna normal. Flyback aslinya seri FCM 14B014N karena stok flyback yang nomor serinya sama lagi kosong, dari pada kelamaan harus beli dulu dan kebetulan ada stok flyback persamaan, maka saya ganti dengan Persamaan Flyback seri FCM 20B061N dan TV bisa nyala normal.
Demikian semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis TV seperti saya.