Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Modifikasi CRT Dua Fokus Menggunakan Flyback Satu Fokus Dengan Mudah

Cara Modifikasi CRT Dua Fokus Menggunakan Flyback Satu Fokus – Beberapa hari yang lalu, saya menjumpai TV Cina rakitan yang menggunakan Tabung / CRT bekas CRT Monitor Computer 17”. Kebetulan TV tersebut mati, lampu power nyala standby. Setelah melakukan pengecekan ternyata flybacknya yang bermasalah dengan no.seri BSC 25-T1083 B-2 dan ternyata flybacknya menggunakan 2 fokus, ada 4 kabel dari flyback, 1 kabel yang ada cop karet terpasang ke CRT sebagai Anoda CRT bertegangan tinggi, 1 kabel terpasang pada G2 (screen) pada bagian RGB dan 2 kabel terpasang pada socet CRT 2 fokus (kabel fokus).

Modifikasi CRT dua fokusmenggunakan flyback satu fokus

Karena saya tidak mempunya pengganti flyback dengan 2 fokus seri BSC 25-T1083 B-2, selanjutnya saya ukur kaki / pin flyback 2 fokus tersebut, setelah melakukan pengukuran pada flyback 2 fokus, ternyata jalur flybacknya sama dengan flyback mesin Tv cina yang lain seperti W-Com dan Wansonic. Jalur flybacknya sama dengan flyback no. seri BSC 25-T1010A. Dan kebetulan untuk flyback BSC 25-T1010A saya punya stok flybacknya langsung saya coba modif socet CRT dua fokus agar menjadi 1 fokus menggunakan flyback persamaan BSC 25-T1010A yaitu dengan JUMPER socet 2 fokus menjadi 1 fokus seperti pada gambar di bawah ini :


Karena tegangan fokus besar, yang akan diterima oleh CRT, agar CRT bisa awet dan bisa mengatur tegangan fokusnya biar bisa stabil, bisa menggunakan trimport yang mempunyai nilai 20M Ohm berkemampuan 2 watt, sperti gambar di bawah ini :


Screen dari flyback dapat di pasang seperti biasa langsung ke pin G2 di soket RGB. Dan setelah semua terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah mengatur ketajaman gambar dan focus di CRT dengan menggunakan stelan screen dan fokus yang ada pada flyback dan trimport hasil modif
Selamat mencoba, smoga bermanfaat. Aamiin