Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Spyware Pada Computer

Cara Mencegah Spyware Pada Computer - Pada postingan sebelumnya, blog Aflah Sentosa telah berbagi mengenai Pengertian Spyware dan Cara Mendeteksi Spyware pada Komputer. Dan pada postingan kali ini, akan berbagi tips mengenai cara untuk mencegah spyware.

Cara Mencegah Spyware Pada Computer

Dibawah ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah spyware pada computer

1. Hati-hati dalam melakukan browsing kesitus tidak jelas di Internet, terutama situs underground, hacking crack.

2. Khusus untuk program freeware atau gratisan, sebelum igunakan, lihat informasi dibagian review pengguna, di dalamnya ada yang komplain, mengingat umumnya spyware ada di program gratisan.

3. Usahakan tidak menggunakan program-program seperti P2P Sharing dan Download Accelerator seperti Kazaa, Download Plus, dan sebagainya.

4. Lakukan Windows update secara rutin. Spyware selama ini memang mentargetkan Windows sebagai platform utama sasarannya. Terbukti dengan banyaknya BHO - Browser Helper Object yang dibuat untuk running atau attach ke MSIE (Microsoft Internet Explorer). Walaupun tidak ada jaminan bahwa IE akan kebal terhadap spyware tetapi setidaknya hal itu akan mengurangi lubang keamanan yang bisa digunakan sebagai pintu masuk spyware.

5. Pada saat download program di Internet, baca dulu EULA-nya (End-User License Agreement) karena biasanya klausulnya sengaja dibuat serumit dan sepanjang mungkin dan di sana mungkin ada klausal untuk instalasi spyware. Ada program yang EULA-nya sebanyak 131 halaman. Siapa yang mau membacanya? Itu memang sengaja dibuat sehingga apabila terjadi tuntutan hukum di kemudian hari mereka punya bukti.

6. Instalasi anti-spyware.

7. Lakukan update signature atau basisdata anti-virus dan anti-spyware secara rutin.

8. Apabila saat Anda browsing kemudian keluar pop-up window, jangan klik window tersebut. Anda harus langsung menutupnya.

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan, semoga bermanfaat. Aamiin