Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TRANSISTOR HORIZONTAL JEBOL TERUS SETELAH TV NYALA BEBERAPA MENIT

Hallo sobat, bagaimana kabarnya…? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.
Pada artikel terdahulu yang sudah saya posting pada blog ini, mengenai Penyebab Transistor Horizontal Jebol Terus. Untuk artikel kali saya akan membahas lagi mengenai transistor horizontal yang jebol terus setelah ganti transistor horizontal yang baru dan TV sudah sempat nyala beberapa menit. Kalau untuk postingan artikel terdahulu mengenai Penyebab Transistor Horizontal Jebol Terus, TV baru di ON transistor langsung Jebol, beda dengan kasus yang akan saya bahas sekarang yaitu Transistro Horizontal Jebol Terus Setelah TV Nyala Beberapa Menit. Walaupun kasusnya sama yaitu Transistor Horizontal yang selalu jebol setelah penggantian transistor yang baru, tetapi beda penanganan dan beda penyebabnya, mari langsung saja kita bahas penyebab/kronologinya:

Ada rekan tuser yang menangani / memperbaiki TV dengan kerusakan TV mati setelah di lakukan penegecekan ternyata Transistor Horizontal nya yang rusak, setelah di ketahui transistor horizontal nya yang rusak, langsung saja transistor horizontal di ganti dengan yang baru yang masih normal, setelah transistor horizontal di ganti, TV langsung di uji coba di ON dan TV bisa nyala normal, tetapi baru beberapa menit tidak ada 2 menit TV kembali mati, dicek lagi dengan kerusakan yang sama yaitu transistor horizontalnya jebol/rusak lagi, lalu di ganti lagi transistornya di ON lagi TV nya dan nyala, lagi-lagi TV baru nyala beberapa menit TV mati lagi, sampai habis beberapa transistor horizontal tetap belum ketemu penyebabnya, padahal kondensator kopelnya masih normal.

Karena sudah banyak memakan korban transistor horizontal, dan penyebab lainnya belum ketemu akhirnya TV tersebut di bawa ke rekan tuser (nama tusernya tidak perlu di sebutkan…hehe) , untuk di tangani bersama. Langsung saja TV di buka, demi keamanan pengecekan jalur B+ yang menuju PIN Flayback di cut dan TV di nyalakan pada posisi TV standby tegangan B+ normal kisaran 130 – 135 volt, untuk mengantisipasi agar tidak jatuh korban lagi transistor horizontal, pengetesan menggunakan lampu bolam 100 watt seperti yang pernah di pos oleh tuser senior di goup FB, karena saya kadang juga belajar dari postingan rekan-rekan tuser di groub tukang servis elektronik di FB mengenai permasalahan kerusakan TV.

Pengetesan menggunakan lampu bolam 100 watt sambil ukur tegangan B+ nya pada saat star tegangan normal kisaran 125 volt, masih tetap melakukan pengecekan dengan tempel terus probe merah (+) multitester pada B+ agar tahu reaksinya saat TV di nyalakan, ternyata TV baru nyala beberapa detik tidak ada 1 menit B+ langsung naik jadi skitar 160 volt, pantesan transistor horizontal jebol terus, langsung TV dimatikan

Sambil berfikikir mencari komponen penyebab tegangan B+ bisa over dengan naluri seorang tuser, sambil mengingat-ingat kasus TV rusak yang pernah di perbaiki, teringat pernah memperbaiki TV Samsung tegangan berdenyut, kerusakannya pada elconya yang kering yaitu elco star. Dengan pengalaman penanganan TV SAMSUNG tegangan berdenyut, coba di praktekkan pada kasus yang di bahas ini yaitu Transistro Horizontal Jebol Terus Setelah TV Nyala Beberapa Menit, langsung dicek ELCO STARNYA dengan nilai 22mF/50 Volt ternyata ELCO BOCOR. Setelah elco star 22mF/50 Volt di ganti dan juga transistor horizontal yang jebol tadi sudah di ganti lagi yang normal, TV coba di ON testing sambil di ukur tegangan B+ idak over lagi, sampai pengetesan TV selama 1 jam  Alhamdulillah TV aman-aman saja, semoga awet dan tahan lama.

Dari pengalaman di atas mengenai TRANSISTOR HORIZONTAL JEBOL TERUS bisa di ambil kesimpulan, penyebabnya bisa karena Condensator Kopel / Capasitor Damper seperti artikel terdahulu mengenai Penyebab Transistor Horizontal Jebol Terus dan juga Elco Start nya seperti pembahasan di artikel ini yaitu Transistor Horizontal Jebol Terus Setelah Tv Nyala Beberapa Menit.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai kerusakan TV yang transistor horizontalnya sering jebol setelah TV nyala beberapa detik, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat tuser yang pemula dan masih belajar seperti saya. Semoga bermanfaat, Aamiin




Posting Komentar untuk "TRANSISTOR HORIZONTAL JEBOL TERUS SETELAH TV NYALA BEBERAPA MENIT"