Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENYEBAB TRANSISTOR HORIZONTAL JEBOL TERUS

Bagi yang sudah mahir di bidang servis elektronik, mungkin masalah ini tidak jadi persoalan yang rumit karena sudah paham komponen-komponen mana yang harus dicek. Tetapi bagi yang masih awam / masih tahap belajar servis elektronik, khususnya TV masalah ini bisa jadi pengalaman tersendiri untuk menambah ilmu pengetahuannya di bidang servis TV, dengan mencari ilmunya browsing internet maupun tanya-tanya guru / teman.

Masalah ini pernah saya alami, saya menjumpai TV yang mati total, saat di nyalakan lampu indikator power tidak nyala dan pada saat tombol power saya pencet matikan terbunyi suara "cuiiit" di TV, dalam hati, ini ada yang konslet. Setelah TV saya buka, langsung saya menuju bagian horizontal, TRANSISTOR HORIZONTAL saya lepas/cabut, betul saja, ketika saya ukur Transistor Horizontal SHORT. Lalu saya ukur tegangan 115 Volt normal samapai ke bagian COLECTOR Horizontal langsung saya ganti transistor horizontal yang short tadi dengan transistor yang baru, setelah transistor saya ganti, TV saya nyalakan, lampu power nyala tetapi layar tetap gelap dan terdengar suara "jepret" transistor horizontal panas, jebol lagi.

Transistor Horizontal saya ganti lagi, jebol lagi sampai 2 kali ganti. Pikir saya mungkin FLAYBACK nya yang rusak, saya ganti flyback, terus saya ganti lagi transistor horizontal yang jebol tadi, setelah ganti Flyback dan TR Horizontal yang baru, TV kembali saya nyalakan, "jepret" lagi, transistor horizontalnya jebol lagi, saya lepas yoke barngkali yoke nya yang terbakar konslet, saya amati yoke masih mulus tidak ada yg gosong maupun lecet. Saya bingung....terus saya browsing di internet, banyak artikel yang menjelaskan mengenai cara mudah mengatasi transistor horizontal "jebol" terus.

Ternyata salah satu componen yang tidak saya duga sebelumnya, yang menjdi BIANG KEROK penyebab TRANSISTOR HORIZONTAL JEBOL TERUS, yaitu CAPASITOR yang terhubung dengan kaki colector transistor horizontal, yang letaknya dekat dengan transistor horizontal dan flayback, biasa di sebut "Capasitor Damper" yang saya alami ukuran 912 J / 1,6 KV. Setelah saya cabut capisitor 912 J / 1,6 KV dan saya ganti yang baru, saya pasang/ganti lagi transistor horizontal yang jebol tadi. Setelah capisitor 912 J / 1,6 KV dan transistor horizontal saya ganti yang baru, terus TV saya NYALAKAN.... Alhamdulillah TV bisa nyala dengan normal, gambar dan suara JOZ... tv tutup kembali.

KESIMPULAN :
Ketika menjumpai maslah TRANSISTOR HORIZONTAL JEBOL TERUS, jangan terfokus pada komponen-komponen inti, coba cek "Capasitor Damper" bila punya stok yang baru langsung ganti saja "Capasitor Damper" terus ganti transistor horizontal yang jebol.
Baca juga : Transistor Horizontal Jebol Terus Setelah TV Nyala Beberapa Menit


Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat