Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI RECEIVER PARABOLA YANG TIDAK BISA DI PROGRAM MENGGUNAKAN REMOT


Hallo apa kabar sobat semua…. ? Semoga dalam keadaan sehat dan lagi yang terbaik, selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara mengatasi receiver parabola tidak bisa di program, maupun mengganti channel dan mengatur besar kecil volume suara dengan menggunakan remot, padahal remot masih berfungsi dengan baik / belum rusak. Cara mengecek remot masih berfungsi dengan baik, apabila di pencet keypad/tombol angka ataupun menu yang terdapat pada remot, pada LED bagian depan remot masih memancarkan sinar Infra merah, tentunya sinar infra merah ini tidak bisa kita lihat dengan kasat mata, tetapi kita bisa mengetahui pancaran sinar infra merah pada remot dengan menggunakan camera ponsel, caranya sudah saya share pada artikel sebelumnya pada blog ini yaitu Cara Mengecek Remot kontrol Menggunakan Camera HP

Baik, mari langsung saja dalam pembahasan kali ini yaitu apabila sobat mempunya receiver parabola yang tidak bisa di program menu menggunakan remot, padahal remot masih berfungsi dengan baik/normal, sobat bisa cek pada bagian panel switch yang terdapat pada receiver parabola yaitu pada bagian sensornya. Karena saya pernah mengalami / memperbaiki receiver parabola dengan merk matrix apple, saat di program, mengganti channel, mengatur volume suara menggunakan remot tidak bisa, tetapi jika menggunakan switch yang ada pada panel receiver semua tombol berfungsi dengan baik, padahal remotnya juga berfungsi dengan baik dengan dicoba menggunakan receiver dengan merk yang sama maupun tes infra merah menggunakan camer ponsel masih memancarkan sinar infra merah.

Apabila sobat mengalami masalah sperti di atas, coba ganti sensor yang terdapat pada panel switch receiver parabola, seperti yang pernah saya praktekkan dan berhasil, di toko elektronik harga sensor tidaklah mahal, untuk pengalaman saya, saya menggunakan sensor bekas mesin TV cina dan untuk pemasangnaannya misalkan Tegangan, Ground, IR di sesuaikan dengan yang ada pada pin sensor yang terdapat pada panel switch receivernya dan tidak boleh salah pasang pin/kaki sensornya. Lihat gambar di bawah ini:

Tetapi apabila sudah ganti sensor yang normal, receiver belum berfungsi atau belum bisa di program menggunakan remot, kemungkinan IC nya yang error.
Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi receiver parabola yang tidak bisa di program menggunakan remot, semoga bermanfaat. Aamiin



Posting Komentar untuk "CARA MENGATASI RECEIVER PARABOLA YANG TIDAK BISA DI PROGRAM MENGGUNAKAN REMOT"