Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMPERCEPAT KINERJA CPU / LAPTOP


Mungkin sobat pernah mengalami Laptop/PC ketika mau di gunakan proses loadingnya sangat lambat, Mulai dari kecepatan internet lambat hingga koneksi internet tidak bisa tersambung, membuka halaman web terlalu lama, membuka folder file juga lama terbukanya. Itu semua tanda bahwa  Laptop/PC  sedang berjuang  sesuai perintah penggunanya. Apabila masalah seperti ini terjadi, tentunya bisa membuat jengkel penggunanya

Meskipun banyak cara untuk pengoptimal PC yang tersedia di internet saat ini dan kebanyakan dari mereka adalah perangkat lunak berbayar tetapi Anda benar-benar tidak perlu membayar untuk perangkat lunak tersebut, Anda dapat melakukan optimasi PC sendiri tanpa membayar apa pun, kecuali memang menginginkan ada hardware yang mau di upgrade dengan kapasitas yang lebih besar.

Pada prinsipnya trik ampuhnya adalah mengecilkan sekecil mungkin beban yang ditanggung oleh komputer sehingga proses, kinerja, serta loading juga otomatis akan meningkat pula. Terlebih apabila kita menghilangkan program penghambat kinerja, virus, adware, malware dan lain sebagainya.

Langsung saja kita mulai langkah demi langkah cara mempercepat kerja CPU/Laptop dan langkah ini sangatlah mudah , sebagai berikut :

1. Disk Cleanup
Klik pada tombol Start lalu Accessories lalu System Tools dan cari Disk Cleanup Utility. Alat kecil ini akan membantu menghapus item sampah dan file internet sementara dari PC Anda, ini juga akan membebaskan beberapa ruang disk untuk Anda.

2. Optimalkan Startup Items
Jika PC Anda terlalu banyak waktu untuk mulai mempertimbangkan meninjau item startup. Tekan Window + R untuk membuka kotak jalankan, ketik perintah MSCONFIG dan pergi ke tab startup. Hati-hati memeriksa semua item startup dan menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan agar tidak dijalankan saat startup.

3. Hapus Program yang Tidak Perlu
Buka Control Panel dan mereka Program dan Fitur dan ini akan muncul daftar perangkat lunak yang diinstal pada PC Anda. Lihatlah daftar itu dengan saksama dan hapus semua program yang tidak lagi digunakan. Ini juga akan membebaskan ruang disk pada hard drive Anda yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file-file penting. Atau bisa memasang atau memilih program yang berukuran kecil tetapi tetap powerfull. Hapuslah software berukuran besar kemudian ganti dengan yang berukuran lebih kecil

4. Mengurangi file dalam hardisk/memori penyimpanan
Bagi orang yang suka mendownload sebuah file seperti game dan film, perhatikan kapasitas memori penyimpanan apakah masih banyak, atau sudah hampir habis. Masalahnya adalah ketika PC membuka banyak file terutama pada sebuah folder maka otomatis akan lebih lama menampilkan semua file yang ada sehingga otomatis komputer akan lemot pada proses itu bahkan terkadang macet, terlebih jika folder itu dibuat tampilan "Large Icon", pada mode Large Icon biasanya akan tampil "preview" dari sebuah file. Contoh ketika dalam 1 folder terdapat 100-500 gambar maka menampilkan semua preview yang ada akan sangat lama.

5. Optimalisasi Hard Disk
Klik tombol Start lalu Accessories lalu System Tools dan cari Disk Defragmenter Utility. Ini mungkin membutuhkan waktu untuk menyelesaikan untuk memindahkan file dan mengoptimalkan drive disk Anda.

6. Penggunaan Antivirus
Pastikan Anda menggunakan perlindungan antivirus yang terkenal dan juga diperbarui dengan definisi virus secara teratur. Sebagian besar perangkat lunak antivirus yang baik saat ini telah dibangun di utilitas PC Optimizer untuk mengoptimalkan komputer Anda dari waktu ke waktu. Anda harus menjalankan pemindaian penuh komputer Anda setidaknya sekali seminggu.
Terlepas dari hal-hal di atas Anda juga dapat meningkatkan memori virtual pada PC Anda jika PC Anda rendah pada RAM, ini juga dapat mempengaruhi kinerja komputer Anda. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk mengoptimalkan pendaftar windows tetapi ingat salah mengedit item registri dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, jika ingin melakukannya pertimbangkan menggunakan pengoptimal PC yang baik atau utilitas pembersih registry

7. RAM
RAM adalah memori sementara yang digunakan menyimpan data pada saat proses kinerja komputer sebelum dieksekusi oleh processor, pada dasarnya kalian perlu mengganti RAM untuk meningkatkan performa PC jika kapasitas RAM tidak sebanding dengan kualitas Processor.
Contohnya ialah PC kalian memiliki Processor core i5 tetapi memiliki RAM hanya 2 gb saja, tentunya kualitas Processor yang tinggi tersebut tidak sebanding dengan kapasitas RAM sehingga akan menyebabkan kinerja lambat. Intinya ialah jika data yang diproses oleh processor tinggi sementara RAM hanya mampu menyimpan data yang kecil maka otomatis akan menyebabkan kinerja yang lambat. Silakan cek processor dan RAM yang kalian miliki pada komputer masing-masing lalu lihat apakah sudah cukup untuk menunjang processor atau tidak, apabila bingung silakan tanyakan pada praktisi atau tempat service laptop apakah sudah memenuhi kualitas atau belum. Membeli Hardisk dan RAM yang baru dengan kapasitas lebih banyak

8. Pembaruan Windows 
Pastikan Pembaruan Windows dihidupkan dan komputer Anda memeriksa pembaruan baru secara teratur. Ini akan memperbaiki sebagian besar masalah keamanan di komputer Anda dan juga akan membuat komputer Anda tetap mutakhir. Komputer Anda harus dapat memeriksa pembaruan baru setidaknya sekali seminggu.

9. Hardisk
Jika tips sebelumnya adalah tips gratisan maka kali ini saya menawarkan tips berbayar tetapi cukup ampuh untuk diterapkan, dengan menambah kapasitas Hardisk serta RAM maka kinerja yang dikeluarkan juga akan lebih baik. Untuk jenis serta harga dari sebuah hardisk bisa kalian cari di google saja tetapi yang perlu kalian ingat ialah ganti hardisk dengan kualitas baik. Pilih yang awet, performa atau kecepatan tinggi

Demikian semoga bermanfaat. Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "CARA MEMPERCEPAT KINERJA CPU / LAPTOP"