Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Aman Bermain Smartphone Agar Tidak Merusak Mata


Pada postingan terdahulu, saya telah memposting mengenai Dampak Negatif Anak-anak Bermain Gadget. Untuk postingan kali ini,saya akan berbagi tips cara aman bermain smartphone agar tidak merusak mata. Karena saat ini, penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk mencari informasi, berbisnis atau sekedar eksis di media sosial. Bagi kamu yang sering berada di depan laptop, komputer atau smartphone karena kerjaan, tugas, maupun alasan lain, tentunya kamu sering menemui masalah mata berarir, merah, dan lelah. Hal ini terjadi akibat radiasi blue light yang dipancarkan oleh layar perangkat elektronik. Apabila hal ini terus terjadi, bisa saja mata kamu menjadi sakit bahkan parahnya mengalami gangguan penglihatan.
Efek panas dari gelombang tersebut dapat menimbulkan akibat buruk pada mata, terlebih untuk penggunaan yang berlebihan.Gelombang elektromagnetik pada smartphone,laptop,komputer akan menimbulan radiasi di sekitar kepala terutama mata. Tanpa Anda sadari penggunaan smartphone yang berlebihan tentu akan berakibat buruk pada mata. Jika Anda termasuk orang yang terbiasa menatap layar smartphone seharian, ada baiknya simak tips aman bermain smartphone agar tidak merusak mata berikut:

1. Jaga Jarak Smartphone Dengan Mata 
Bagi Anda yang sudah kecanduan bermain dengan smartphone. Hindari kebiasaan terlalu dekat menatap ponsel, karena paparan sinar smartphone sangat banyak mengandung radiasi. Jaga jarak aman menatap ponsel sekitar 20-30 cm dari mata.

2. Sering Berkedip
Ketika Anda sedang serius dan berkonsentrasi menggunakan smartphone, tentu reflek intensitas bekedip akan berkurang. Kurangnya berkedip membuat mata Anda mudah mudah kering. Oleh karena itu, jangan lupa mengedipkan mata secara teratur saat menggunakan smartphone. Frekuensi kedipan mata jadi berkurang ketika kamu tengah menatap layar. Walaupun kamu sedang serius, pastikan sesekali mengedipkan mata. Misalnya kedipkan mata sebanyak 5 kali setiap 10 menit berada di depan layar perangkat elektronikmu.  Kamu juga bisa melakukan olahraga mata ringan dengan melihat objek yang jauh dari pandanganmu lalu melihat ke objek yang dekat denganmu. Kamu juga bisa memutar bola matamu dengan melihat sekeliling dari kiri ke atas kemudian ke arah kanan ke bawah matamu. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit pada mata akibat otot mata yang kaku.

3. Jaga Kebersihan Layar
Usahakan layar ponsel tetap jernih dan bersih sehingga tidak mengganggu pandangan mata. Membersihkan layar ponsel bisa Anda lakukan dengan tisu lembut atau bahan lainnya.

4. Istrirahatkan Mata
Jangan terlalu lama menatap layar smartphone, mata Anda perlu istirahat juga. Setelah menatap smartphonedalam waktu 20 menit, usahakan istirahatkan mata Anda sejenak. Atur jeda untuk tidak menatap layar ponsel dan istirahatkan mata Anda.

5. Matikan Smartphone Menjelang Tidur
Sering menatap layar ponsel sebelum tidur membuat mata Anda berair dan seketika Anda merasa gelisah sendiri. Akhirnya Anda tidak dapat tidur nyenyak akibat terlalu freak dengan smartphone lalu menyebabkan insomnia. Mulai sekarang, matikan smartphone Anda menjelang waktu tidur dan jauhkan dari jangkauan.

6. Atur Cahaya Agar Tidak Terlalu Terang
Tentu pada semua fitur smartphone terdapat pengaturan untuk mengatur cahaya agar tidak terlalu terang. Atur cahaya pada ponsel supaya tidak terlalu terang agar mata Anda tidak cepat lelah.Pastikan pengaturan layar Anda nyaman untuk digunakan. Gunakan font yang mudah untuk dibaca. Atur ukuran font agar tidak terlalu besar dan tidak terlau kecil sehingga dapat dibaca dengan mudah oleh mata kita.

7. Rajin Mengomsumsi Makanan Untuk Kesehatan Mata
Kamu bisa mengomsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan mata seperti buah jeruk, stroberi, bayam, telur, kacang almond dan wortel. Kandungan vitamin A, C dan E pada makanan tersebut dapat membantu mata kamu tetap sehat.
Bila perlu, kamu juga bisa mengomsumsi multivitamin yang banyak beredar di pasaran. Tentunya cara ini praktis terutama bagi kamu kamu yang tidak sempat memasak dan kurang menyukai sayuran atau buah-buahan.

8. Hindari Memainkan Smartphone Sambil Tiduran
Memainkan smartphone sambil tiduran dapat menyebabkan kerusakan pada mata Anda. Hal yang sering terjadi adalah membuat mata minus. Ketika sinar ponsel Anda tepat berada di atas bola mata, hal tersebut akan meningkatkan kerusakan pada retina mata, bahkan menyebabkan kebutaan.

9. Gunakan Screen Protector 
Screen protector pada layar ponsel Anda penting untuk meminimalisasi pancaran cahaya yang berlebihan.

10. Sesekali Keluar Rumah Dan Nikmati Pemandangan
Nah, jika kamu merasa penat usahakan keluar dari ruanganmu dan nikmati pemandangan hijau di sekitar rumah, ditaman atau di pekarangan rumahmu. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa meletakkan tanaman hijau yang hidup di meja kerjamu atau di sekitar ruanganmu, ini bukan hanya dapat menjaga kesehatan mata namun dapat juga membuat perasaan tenang. Dijamin mood kamu akan kembali lagi dan bersemangat kembali menjalani berbagai aktivitasmu.

Tips di atas hanya mampu mengurangi dampak buruk penggunaan smartphone secara berlebihan. Alangkah baiknya gunakanlah smartphone dengan bijak agar mata Anda selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Tips Aman Bermain Smartphone Agar Tidak Merusak Mata"