Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV SHARP PICCOLO MATI PROTEK


Assalamu'alaikum .......
Beberapa hari yang lalu, saya kedatangan orang yang bawa TV SHARP PICCOLO dengan kerusakan mati proteck, ketika dinyalakan lampu power nyala merah terang dan ada bunyi desisan serta terlihat percikan api dari sela-sela lobang pada kasing/tutup tv, beberapa saat, lampu power nyala merah redup posisi standby.

Langsung saja, saya ambil tindakan dengan membuka tutup tv, melepas baut satu persatu hingga terlepas semua, setelah tutup tv saya buka, saya coba nyalakan kembali TV nya, benar saja keluar api dari body flyback, ternyata body flyback retak, langsung saya ambil senjata andalan untuk mencabut sparepart yaitu solder yang sudah siap panas, dan atraktor (penyedot timah) dan langsung saya cabut flyback, saya pikir penyebab proteck dari flyback karena ada semburan api. Saya coba lem flyback yang retak menggunakan lem plastik steel, setelah lem keras, saya pasang kembali flyback dengan nomor seri JF0501-32601, setelah flyback terpasang dengan baik, TV saya coba nyalakan, tetapi belum membuahkan hasil alias TV masih proteck, langsung saja saya cari flyback yang baru, karena flyback yang ori dengan nomor seri JF0501-32601 tidak ada, saya ganti  flyback dengan nomor yang lain dengan nomor Persamaan Flyback FA132WJSA dan setelah flyback saya ganti dengan yang baru, TV tetap belum bisa nyala alias masih proteck, mulai berfikir ekstra....

Tanpa pikir panjang langsung saja saya cabut IC VERIKAL dengan nomor seri LA78040, saya amati secara fisik IC tidak retak dan masih utuh, setelah IC saya cabut dan ganti IC Vertikal yang baru, TV coba saya nyalakan, dan Alhamdulillah TV Sharp Piccolo bisa nyala dan suara pun normal.

TV tidak proteck lagi, ternyata untuk feeling kali ini tidak meleset mengarah ke IC Vertikal. Jadi ada benarnya juga, kalau ada yang bilang keberhasilan/kesuksesan melalui banyak proses bukan banyak protes.

Semoga sedikit pengalamn saya ini bermanfaat, dan bisa menambah pengetahuan dalam menservis perangkat elektronik khususnya servis TV, terutama bagi yang sedang belajar service tv seperti saya.
Apabila ada, kritik, saran/masukan maupun sharing pengalaman mengenai dunia servis elektronik, bisa komen langsung di bawah artikel ini, atau bisa juga melalui form Contact Us


Posting Komentar untuk "TV SHARP PICCOLO MATI PROTEK"