Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN DIGITAL VIDEO


Digital video merupakan medium penyimpanan video yang paling menjanjikan. Pasar konsumen terbesar Digital Video mempunyai dua format yaitu MiniDV dan Digital8. Keduanya menggunakan DV codec, tetapi direkam dalam ukuran yang berbeda. Pasar profesional menggunakan codec berbasis format DVCAM, DVCPRO yang dirancang untuk reabilitas yang maksimum. Format terbaru MPEG codec misalnya MicroMV masih dalam taraf penjajagan dan kualitas dan reabilitasnya belum bisa menandingi format DV codec. Pasar untuk industri jaringan televisi adalah Digital Betacam sebagai pengganti Betacam SP yang masih dominan dan ada di mana-mana.

MiniDV (sering hanya disebut DV) video format digital yang paling popular di pasar saat ini. Ukuran pitanya sangat kecil, hanya sekitar 2,5 inchi. Pita MiniDV rata-rata dapat merekam selama 60 menit dalam standard play (SP) mode dan 90 menit dalam long play (LP) mode. Kualitasnya baik direkam dalam 60 menit maupun 90 menit sama saja. Tetapi merekam dalam 90 menit dapat menimbulkan dropout ketika kehilangan gambar atau suara, sebab ada gangguan kelebihan data.

Dalam camcorder biasanya dapat dilakukan play back pada LP mode video, tetapi camcorder yang lain tidak dapat melakukan play back pada pita yang sama dengan hasil yang sangat baik. Berdasarkan pengalaman, play back pada LP mode menyebabkan kualitas audio maupun video berkurang bila menggunakan play back camcorder yang berbeda. Tipe terbaru yang dikeluarkan pada tahun 200l dapat merekam 80 menit dalam SP mode. Tetapi konsumen lebih menyukai yang 60 menit.

Digital8 menggunakan DV codec sama dengan MiniDV ataupun DVCAM, hanya saja berbeda dalam ukuran pitanya. Camcorder Digital8 dapat merekam pada pita 8mm dan Hi-3mm dengan kualitasnya sama dengan MiniDV. Pasar Sony tetap pada pita Digital8, meskipun dapat merekam Hi-88mm. MicroMV merupakan keluaran terbaru dari Sony untuk pasar konsumen. Rumomya sebagai pengganti Digital8, tetapi sekarang baru merupakan spekulasi.

Pita DVCAM menggunakan 10 micron track dalam SP mode dan 6,7 micron dalam LP mode. DVCAM yang menggunakan DV codec yang sama dan menggunakan ukuran pita yang sama yaitu 15 micron track dalum SP
mode. Ini membuat DVCAM lebih tahan lama, sehingga tingkat dropout nya lebih kecil. DVCAM dikembangkan oleh Sony untuk kalangan yang lebih profesional dibandingkan dengan MiniDV.

DVCPRO dikembangkan oleh Panasonic dengan perangkat keras yang menggunakan DV codec. Pita DVCPRO lebih besar daripada DV dan Digital8. DVCPRO menggunakan pita 18 micron record track sebaik track terpisah yang terdiri dari audio cue dan tape control, sehingga membuatnya paling kuat pada format DV codec. DVCPRO utamanya digunakan untuk aplikasi professional.

Digital Belacam sekarang ini digunakan sebagai standar format untuk sebagaian besar industri jaringan televisi. Sony memperkenalkan formal Betacam pada tahun 1993 untuk menggantikan format Betacam SP yang ada di muna-mana, yang masih dipakai pada format video professional. Keunggulan Digital Betacam adalah menggunakan skema kompresi 2:1 dan melakukan rekaman pada pita inchi. Format digital profesional yang akan bahas adalah Digital-5 dan DVCPRO 50 yang berbasis pada teknologi baru dan algoritma pengkodean. Keduanya melengkapi Digital Betacam untuk pasar produksi video professional kelas tinggi. Format televisi terbaru adalah HDTV (High Definition TV).

Sebagaimana waveform audio, digital video dapat disimpan dalam file-file di harddisk, CD-ROM, atau DVD. Karena video itu menjadi digital. ia dapat disajikan lewat jaringan komputer, yang dapat mengurangi kebutuhan akan videotape player maupun videodisc player. Digital video dapat diakses secara acak berdasarkan frame, yang memungkinkan kita memainkan klip tertentu.

Processor Pentium berkecepatan tinggi dapat memainkan full-screen tanpa harus ada tambahan hardware tertentu. Komputer yang lebih lambat perlu ditambah dengan digital video board untuk dapat memainkan film-film fuul screen. Kalau tidak, maka tampilan video hanya akan seperempat dari ukuran layar monitor.
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "PENGERTIAN DIGITAL VIDEO"