Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MUDAH MENGATASI RECEIVER PARABOLA MATI / MATI SURI

Aflahsentosa.com - Cara Mudah Mengatasi Receiver Parabola Mati. Apa kabar sobat semua....? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai pengalaman saya dalam hal servis elektronik, khususnya dalam pembahasan ini servis receiver parabola / DVB (Digital Video Broadcasting).
Akhir-akhir ini saya sering kedatangan orang untuk menservis receiver parabola dengan keadaan mati total ataupun mati suri. Mati suri yang saya maksud di sini adalah, receiver dalam keadan lampu power masih nyala, tetapi display pada receiver tidak nyala keluar angka chanel, kalaupun display nyala cuma ada garis yang tidak membentuk angka, itu disebabkan karena tidak adanya tegangan yang masuk ke MPEG ataupun kalau ada tegangannya tidak sesuai / drop.
Pada receiver parabola pada umumnya terdapat tegangan 3,3 Volt, 5 Volt, 12 Volt/15 Volt, 22 Volt/24 Volt. Agar receiver bekerja dengan baik, tegangan-tegangan tersebut harus ada dan stabil tidak drop.

Pada kasus resceiver parabola mati ataupun mati suri yang saya alami dari berbagai merk receiver parabola di antaranya receiver merk matrix, tanaka, polarisat, technosat, black panther, dll yaitu elco pada PSU / Regulator AC Matic receiver parabola ada yang gelembung ataupun kering yaitu ELCO 1000 mF / 10 Volt dan ada juga dioda short. Dari kasus yang saya alami setelah elco 1000mF/10volt saya ganti, receiver parabola kembali normal. Apabila setelah elco 1000mF/10volt ganti tetapi receiver masih mati/mati suri langkah selanjutnya pengecekan pada dioda dan ternyata dioda shorts lalu Dioda saya ganti dengan yang baru. Dan pengalaman saya dengan ganti elco 1000mF/10volt karena stok elco 1000mF/10volt stoknya habis saya ganti dengan elco 1000mF/16volt dan ganti dioda, RECEIVER kembali NORMAL



Apabila ada yang sudah ganti elco 1000mF/10volt dan dioda, tetapi receiver parabola masih mati/mati suri, langkah baiknya pengecekan pada komponen lainnya ataupun bisa langsung ganti PSU / Regulator dengan regulator universal, dengan harga terjangkau di daerah saya harganya sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 27.000.

Demikian sedikit informasi dari saya, cara memperbaiki receiver parabola mati atau mati suri, semoga bermanfaat. Aamiin
Wassallamu'alaikum. Wr.Wb

Posting Komentar untuk "CARA MUDAH MENGATASI RECEIVER PARABOLA MATI / MATI SURI"