Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FORMAT FILE VIDEO


Bagi yang bergelut di bidang editing video, tentunya mengetahui berbagai format file video. Format file dalam video merupakan hal yang penting. Isu penting lain adalah jenis berbeda dari format file untuk integrasi video digital ke dalam aplikasi multimedia. Format file antara lain, MOV, MPEG, AVI, DAT, RMRAM dan SW.


Quick Time (MOV) merupakan sebuah sistem multimedia tambahan pada komputer Macintosh dan Windows, yang menyediakan lintas platform sinkronisasi waktu video digital, audio digital, dan lingkungan 3D virtual reality, dikembangkan oleh Apple Computer. Quick Time menggunakan ekstensi .mov dan digunakun dalam berbagai aplikasi multimedia, misalnya CD-ROM dan produksi video broadcast serta mempunyai kemampuan melakukan kompresi-dekompresi melintasi berbagai platform, Quick Time merupakan teknologi yang sudah matang, didukung oleh sebagian besar authoring multímedia dan merupakan standar terdekat format file multimedia lintas platform. Kemampuan Playback Quick Time dapat bekerja standar dengan Netscape Navigator dan Microsoft Intermet Explorer yang menjadi sarana utama untuk multimedia berbasis web. Untuk berbagai aplikasi. Quick time merupakan solusi terbaik lintas platform delivery video berbasis web.

Motion Picture Experts Group (MPEG) adalah skema kompresi dan spesifikasi format file video digital yang dikembangkan oleh grup ini. MPEG merupakan salah satu dari "rich media" yang mendukung web dan banyak situs web mempunyai video dan animasi MPEG. Hampir seluruh web browser terkenal mendukung MPEG. MPEG ditandai dengan eksten .mpg atau mpeg. Pada masa lalu, MPEG mempunyai keterbatasan, missalnya ketidakmampuannya untuk memainkan video dan audio secara sinkron. Untuk menciptakan video MPEG, biasanya membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mahal.  Agar Playback dapat memainkan video secara halus, maka membutuhkan perangkat keras. MPEG release terbaru mendukung perangkat keras yang lebih murah dan mendukung teknologi yang baru berkembang, misalnya DVD (Digital Video Disk)

Audio Video Interleave (AVI) merupakan format video dan animasi yang digunakan video untuk Windows dan berektensi avi. Sebagian besar authoring pada Windows mendukung format AVI. Juga didukung oleh Netscape. Kekurangan penggunaan file AVI pada play-back adalah pemakai macintosh, SGl dan Sun harus mengubah file ke format lain untuk playback. AVI kurang canggih, berbasis track, kemampuan untuk mendukung dan lakukan sinkronisasi dengan Quick Time kurang bagus. Codec untuk Quick Time pada Windows lebih berkembang daripada Codec untuk AVI.

Format Real Video dikembangkan oleh Real Media. Video yang disimpan dalam fomat Real Video mempunyai ekstensi .rm or .ram Format ini memungkinkan adanya aliran video (on-line video, Internet TV) pada bandwidth yang rendah, sebab prioritas bandwidth yang rendah maka kualitas dapat dikurangi

Format Shockwave (Flash) dikembangkan oleh Macromedia. Format Shockwave membutuhkan sebuah komponen tambahan untuk memainkan. Komponen ini sebelumnya diinstal dengan versi terbaru dari  Netscape dan Internet Explorer. Videos disimpan dalam format Shockwave mempunyai ekstensi .swf

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "FORMAT FILE VIDEO"