Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMPERBAIKI TV POLYTRON U-SLIM RUSAK VERTIKAL

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Hallo sobat, apa kabar.....?
Semoga lagi yang terbaik dan dalam lindungan Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara memperbaiki TV Polytron U-Slim rusak bagian vertikal atau layar menyempit bagian bawah/atas atau hanya garis mendatar. TV model ini tergolong keluaran baru, tetapi tidak ada jaminan bahwa TV keluaran baru bisa tahan lama, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan komponen elektronika yang ada pada TV rusak, seperti TV Polytron yang saya servis seperti gambar di bawah ini :


Langsung saja, saya bongkar / buka tutup TV bagian belakang, saya amati bagian blog area vertikalnya ternyata IC Vertikal LA78040 pecah lalu saya cabut dan ganti IC vertikal dengan yang normal. Setelah IC Vertikal saya ganti, TV saya nyalakan, karena saya fikir hanya IC Vertikalnya saja yang rusak, ternyata setelah TV di nyalakan TV masih belum normal, layar masih menyempit. Langkah selanjutnya saya cabut dan ganti elco pada area blog vertikal diantaranya elco 1mF/50 Volt, 10mF/50 Volt, 100mF/50 Volt, setelah elco-elco saya ganti belum membuahkan hasil, layar masih menyempit/garis mendatar. Mulai garuk-garuk kepala...... Selanjutnya cek tegangan pada bagian IC Vertikal dan usut-punya usut rangkaian IC Vertikal ini menggunakan catu daya simetris +24 Volt dan -24 Volt yang berasal dari flyback melalui resistor yang nilainya kecil sebagai fuse, dan benar setelah melakukan pengecekan ada dioada yang dari pin kaki flyback putus dan resistor fuse juga terbakar. Posisi dioda dan resistor fuse seperti pada gambar di bawah :


Setelah IC Vertikal yang pecah saya ganti, dioda yang putus pada jalur pin kaki flyback saya ganti serta resistor yang nilainya kecil sebagai fuse yang terbakar juga saya ganti, langkah selanjutnya testing nyalakan TV dan Alhamdulillah, TV kembali normal, layar TV bisa normal tidak menyempit lagi, suara juga normal, seperti tampak pada gambar di bawah ini :


Demikian sedikit pengalaman / info dari saya, semoga bermanfaat. Aamiin
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat