Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengukur IC Vertikal LA7841 Menggunakan Multitester

Cara Mengukur IC Vertikal LA7841 Menggunakan Multitester - Pada sebuah mesin TV terdapat komponen-komponen penting agar tv bisa bekerja atau hidup sebagaimana mestinya, diantara komponen terpenting itu adalah IC Vertikal. IC vertikal merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah mesin tv. Jika IC vertikal rusak, maka tv bisa saja hidup dengan suara normal, akan tetapi apabila IC Vertikal atau pada bagian rangkaian vertikal ada komponen yang rusak/menurunnya nila komponen, maka pada layar nampak ada satu garis putih mendatar saja, atau apabila layar bisa terang dan muncul gambar garis-garis halus pada layar, gambar pada layar hanya sparo/setengah layar, bahkan apabila IC vertikal konslet, bisa menyebabkan tv tidak bisa menyala atau proteck.

Di pasaran/toko komponen elektronik banyak yang menjual IC Vertikal dengan bermacam nomor seri / type, diantaranya IC Vertikal dengan nomor seri LA78141, lA78040, LA78045, dan lain-lain. Dan IC vertikal yang paling sering dipakai pada rangkaian mesin TV adalah IC LA78141. IC LA78141 ini, apalagi ic yang ori cukup awet dan tahan digunakan pada mesin tv hingga untuk tv dengan ukuran 29 inchi.

Berikut ini aflahsentosa akan memberikan tutorial secara teori bagaimana cara mengukur IC Vertikal menggunakan multitester analog dan digital pada IC LA78141 dan lA78040 atau sejenisnya. Insya Alloh kedepannya saya akan membuat tutorial cara mengukur IC Vertikal LA78141 / LA78040 secara visual/video langsung yang saya upload di channel youtube Santoso 78, channel berbagi tutorial seputar elektronika, dll.

Cara Mengukur IC Vertikal


Cara Mengukur IC Vertikal Dengan Multitester Digital

1. Arahkan switch multitester ke posisi dioda

2. Tempelkan probe merah multitester pada kaki IC no.4, dan probe hitam multitester pada kaki IC no.5. Jika IC baik/normal, pada layar multitester muncul angka nilai 400-600an, jika pada layar multitester terukur angka 000 artinya IC konslet, jika angka digital multitester tetap menunjukkan angka 1 artinya IC putus. IC vertikal normal jika posisi probe dibalik angka digital tetap diangka 1.

3. Tempelkan probe hitam multitester pada kaki IC no.6, dan probe merah ke kaki 5 IC seharusnya terukur nilai 400-600-an, jika terukur 000 artinya IC short, jika angka digital tetap diangka 1 artinya IC putus. IC yg normal jika probe dibalik posisi ukurnya, angka digital akan tetap menunjukan diangka 1

4. Probe hitam pada kaki IC no.2, probe merah pada kaki IC no.5, IC normal apabila probe dibolak balik posisinya angka digital akan tetap menunjukan angka 1,jika menunjukan nilai atau angka tertentu berarti IC vertikal short.


Cara Mengukur IC Vertikal Dengan Multitester Analog

1. Arahkan switch multitester ke posisi Skala X1, X10, X100, X1K, X10K

2. Probe hitam multitester pada kaki IC no.4, probe merah multitedter pada kaki IC no.5, nilai sesuai skala yg dipakai, apabila posisi probe dibalik jarum multitester tidak boleh bergerak, jika bergerak mentok kekanan atau bergerak sedikit saja berarti IC konslet.

2. Probe merah multitester pada kaki IC no.6, probe hitam multitester pada kaki IC no.5, nilai sesuai skala yg dipakai, jika jarum multitester bergerak full mentok kekanan artinya IC short, jika posisi probe multitester dibalik, jarum multitester tidak boleh bergerak, jika bergerak sedikit saja berarti IC konslet.

3. Probe merah multitester pada kaki IC no.2, probe hitam multitester pada kaki IC no.5, seharusnya jarum avo tidak bergerak. Jika dibalik posisi pun jarum avo tetap gak gerak, jika gerak sedikit saja artinya IC konslet.

Demikian, cara mengukur IC Vertikal menggunakan multitester, semoga bisa menjadi referensi teman-teman untuk mengetahui kondisi IC Vertikal. Silahkan kunjungi juga persamaan IC Vertikal LA78141

1 komentar untuk "Cara Mengukur IC Vertikal LA7841 Menggunakan Multitester"

  1. 𝔇𝔦 π”œπ”¬π”²π”—π”²π”Ÿπ”’ π”Ÿπ”’π”‘π”ž π”Άπ”ž, π”Άπ”žπ”«π”€ π”ͺπ”žπ”«π”ž π”Ÿπ”’π”«π”žπ”―, π”­π”²π”«π”Άπ”ž π”°π”žπ”Άπ”ž π”§π”¦π”¨π”ž π”ͺ𝔒𝔫𝔀𝔦𝔨𝔲𝔱𝔦 π”žπ”―π”žπ”₯π”žπ”« 𝔫𝔬π”ͺ𝔬𝔯 4,π”Ÿπ”’π”―π”žπ”―π”±π”¦ π”­π”²π”«π”Άπ”ž π”°π”žπ”Άπ”ž 𝔰π”₯𝔬𝔯𝔱, π”±π”žπ”­π”¦ 𝔑𝔦 π”Άπ”¬π”²π”±π”²π”Ÿπ”’, π”Ÿπ”’π”‘π”ž, π”­π”²π”«π”Άπ”ž π”°π”žπ”Άπ”ž π”Ÿπ”’π”―π”žπ”―π”±π”¦ 𝔫𝔬𝔯π”ͺπ”žπ”© 🀦‍♂️

    BalasHapus