Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Power Ampli Suara Serak (Tidak Jernih)

Aflahsentosa.com - Cara Mengatasi Power Ampli Suara Serak (Tidak Jernih). Pada dasarnya cara mengatasi power ampli yang suaranya serak / tidak jelas, caranya sama dengan cara mengatasi suara speaker aktif  suara serak, yang sudah saya bahas pada postingan yang lalu.  Yang membedakan antara speaker aktif dan power ampli adalah pada penempatan power ampli itu sendiri. Yaitu jika power ampli ditempatkan/diletakkan pada box (box speaker/salon) yang sudah lengkap dengan tone control, speaker lengkap dengan power supply dan aksesoris lainnya seperti modul console MP3 / MP5 orang-orang sering menyebutnya speaker aktif. Sedangkan power ampli / amplyfier beserta kelengkapannya, di letakkan/tempatkan pada box khusus power ampli dan tidak disertakan speaker seperti layaknya pada speaker aktif, dan untuk speakernya di buatkan jalur khusus untuk output suara ke speaker.

Apa yang akan saya bagikan di sini mengenai Cara Mengatasi Power Ampli Suara Serak, ini pengalaman pribadi saya dan sudah saya praktekkan, dan selama ini berhasil. Bagi sobat yang hobby elektronika dan sedang belajar elektronika, masalah seperti ini terkadang membingungkan, karena mungkin memang belum tahu ilmunya karena belum lama praktek.

Cara Mengatasi Power Ampli Suara Tidak Jernih

Berikut ini langkah-langkah pengecekan untuk mengatasi power ampli suara serak (tidak jernih) :

1. Cek Transistor Final

Cek transistor final power ampli menggunakan multitester. Transistor final power ampli banyak persamaannya diantaranya jenis NPN TIP 41 dan jenis PNP TIP 42 dan masih banyak yang lainnya. Agar lebih akurat dalam pengukuran/pengecekan transistor final power ampli, alangkah baiknya transistor dilepas dari PCB dan di ukur satu per satu, dan pada pengukuran/pengecekan transistor final power ampli ini menggunakan multitester, transistor tidak boleh konslet walaupun sedikit pergerakan jarum multi tester dan juga transistor final power ampli tidak boleh putus. Apabila ada salah satu transistor final power ampli ada yang konslet walaupun jarum multi tester gerak sedikit maupun putus, ini bisa menyebabkan suara serak / tidak jernih. Maka transistor final jenis NPN dan PNP semuanya harus normal.

2. Cek Transistor Driver

Apabila pada langkah pertama pengecekan transistor masih baik, tidak ada yang konslet maupun putus, tatapi, suaranya masih serak / belum jernih, cek transistor driver lainnya seperti transistor BD 139 maupun BD 140. Pada langkah ini transistor juga tidak boleh ada yang konslet maupun putus.

3. Cek Tegangan DCO

DCO (DC Offset) tegangan DC yang keluar pada out speaker power ampli. Apabila tegangan DCO terlalu tinggi bisa menyebabkan speaker cepat rusak / spoel speaker cepat jebol apabila volume maximum dan suara tidak bisa jernih/serak. Cara pengecekan DCO, Insya Allah akan saya samapaikan pada pembahasan mengenai cara mengukur DCO / DC Offset.

Itu diantaranya penyebab power ampli suaranya tidak jernih / serak. Untuk pengalaman saya, sering menjumpai suara serak/tidak jernih pada speaker aktif maupun power ampli disebabkan karena transistor final ada yang konslet. Demikian, yang bisa saya bagikan semoga bisa menjadi referensi, dan bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Power Ampli Suara Serak (Tidak Jernih)"