Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Serak (Tidak Jernih)

Aflahsentosa.com - Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Serak (Tidak Jernih). Pada kesempatan kali ini, aflahsenosa.com akan berbagi mengenai Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Serak, bukan hanya speaker aktif saja, melainkan power ampli pada umumnya, karena didalam box speaker aktif terdapat power ampli, yang mana box speaker aktif sudah lengkap dengan speaker dan tone control maupun perangkat lainnya seperti modul console MP3 / MP5. Sedangkan power terkadang di tempatkan pada box khusus dan tidak disertakan speaker seperti layaknya pada speaker aktif.

Apa yang akan saya bagikan di sini mengenai Cara Mengatasi Speaker Aktif maupun power ampli Suara Serak/tidak jernih, ini pengalaman pribadi saya dan sudah saya praktekkan, dan selama ini berhasil. Bagi sobat yang hobby elektronika dan sedang belajar elektronika, masalah seperti ini terkadang membingungkan, karena mungkin memang belum tahu ilmunya karena belum lama praktek.

Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Serak (Tidak Jernih)

Berikut ini langkah-langkah pengecekan untuk mengatasi speaker aktif / power ampli suara serak (tidak jernih) :

1. Cek Transistor Final

Cek transistor final power ampli menggunakan multitester. Transistor final power ampli banyak persamaannya diantaranya jenis NPN TIP 41 dan jenis PNP TIP 42 dan masih banyak yang lainnya. Agar lebih akurat dalam pengukuran/pengecekan transistor final power ampli, alangkah baiknya transistor dilepas dari PCB dan di ukur satu per satu, dan pada pengukuran/pengecekan transistor final power ampli ini menggunakan multitester, transistor tidak boleh konslet walaupun sedikit pergerakan jarum multi tester dan juga transistor final power ampli tidak boleh putus. Apabila ada salah satu transistor final power ampli ada yang konslet walaupun jarum multi tester gerak sedikit maupun putus, ini bisa menyebabkan suara serak / tidak jernih. Maka transistor final jenis NPN dan PNP semuanya harus normal.

2. Cek Transistor Driver

Apabila pada langkah pertama pengecekan transistor masih baik, tidak ada yang konslet maupun putus, tatapi, suaranya masih serak / belum jernih, cek transistor driver lainnya seperti transistor BD 139 maupun BD 140. Pada langkah ini transistor juga tidak boleh ada yang konslet maupun putus.

3. Cek Tegangan DCO

DCO (DC Offset) tegangan DC yang keluar pada out speaker power ampli. Apabila tegangan DCO terlalu tinggi bisa menyebabkan speaker cepat rusak / spoel speaker cepat jebol apabila volume maximum dan suara tidak bisa jernih/serak. Cara pengecekan DCO, Insya Allah akan saya samapaikan pada pembahasan mengenai cara mengukur DCO / DC Offset.

Itu diantaranya penyebab speaker aktif maupun power ampli suaranya tidak jernih / serak. Untuk pengalaman saya, sering menjumpai suara serak/tidak jernih pada speaker aktif maupun power ampli disebabkan karena transistor final ada yang konslet. Demikian, yang bisa saya bagikan semoga bisa menjadi referensi, dan bermanfaat. Aamiin

Post a Comment for "Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Serak (Tidak Jernih)"