Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Sakit Tenggorokan

Aflahsentosa.com - Penyebab Sakit Tenggorokan. Bagi Anda yang sedang merasakan tenggorokan kering, tenggorokan gatal agar cepat reda tidak ada salahnya mencari tahu cara mengobatinya. Walaupun sakit tenggorokan nantinya juga akan hilang dengan sendirinya, tetapi ada beberapa kasus sakit tenggorokan harus ditangani dengan tepat agar tidak bertambah parah. Sakit pada tenggorokan sering juga membuat tidak nyaman beraktivitas, sehingga aktivitas bisa terganggu dan tidak semangat.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bahkan sering dikeluhkan oleh masyarakat bahkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pada umumnya, penyebab sakit tenggorokan bisa terjadi karena infeksi dan faktor lingkungan. Dilangsir dari Healthline, ada beberapa macam penyebab sakit tenggorokan, seperti berikut ini :

1. Infeksi Virus
Ada sekitar 90% sakit tenggorokan penyebabnya adalah karena infeksi virus. Virus yang menyebabkan sakit tenggorokan diantaranya flu,  mononucleosis (yang bisa ditularkan melalui air liur), cacar air, gondongan, dan campak.

2. Infeksi Bakteri
Infeksi bateri juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Dan yang paling sering menyerang manusia adalah infeksi radang tenggorokan. Bakteri Streptococcus grup A yang bisa menyebabkan infeksi tenggorokan dan amandel

3. Alergi
Sistem kekebalan tubuh manusia bisa juga bereaksi terhadap pemicu alergi, antara lain serbuk sari, rumput, bulu hewan peliharaan. Akibat terpapar alergi tersebut, bisa menimbulkan gejala hidung tersebut, bersin-bersin, mata berair, iritasi tenggorokan. Apabila lendir di hidung terlalu berlebihan bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan atau yang disebut postnasal drip, yang bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

4. Udara Kering
Udara kering bisa menyedot kelembapan pada mulut dan tenggorokan sehingga bisa menimbulkan rasa kering dan gatal

5. Asap & Bahan Kimia
Menghisap banyak bahan kimia dan zat lain bisa membuat iritasi tenggorokan, seperti rokok dan asap tembakau lainnya, polusi udara, produk pembersih serta bahan kimia lainnya.

6. Cedera
Akibat cedera terkena pukulan atau luka pada bagian leher bisa menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Tersedak makanan dan makanan tersangkut ditenggorokan juga bisa menyebabkan iritasi.
Bagi penyanyi atau guru vokal, penggunaan pita suara dan otot di tenggorokan secara berulang juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

7. GERD
Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi di mana asam dari lambung kembali ke kerongkongan yang membawa makanan dari mulut ke perut. Kondisi tersebut bisa membuat kerongkongan dan tenggorokan terasa terbakar sehingga menyebabkan gejala seperti mulas dan refluks asam, regurgitasi asam ke tenggorokan.

Referensi:
Mayo Clinic. 2021. Sore Throat.
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/diagnosis-treatment/drc-20351640

WebMD. 2020. Remedies for Sore Throat.
https://www.webmd.com/cold-and-flu/remedies-for-sore-throat

Healthline. 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.
https://www.healthline.com/health/sore-throat

CDC. 2021. Sore Throat.
https://www.cdc.gov/antibiotic-use/sore-throat.html

Posting Komentar untuk "Penyebab Sakit Tenggorokan"