Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan

Aflahsentosa.com - Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan. Gejala sakit tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Sakit tenggorokan bisa membuat penderitanya mengalami rasa gatal, terbakar, hingga kering pada bagian tenggorokan.

Berikut gejala sakit tenggorokan yang kerap dialami penderitanya:

* Hidung tersumbat
* Pilek
* Bersin-bersin
* Batuk
* Demam
* Panas dingin
* Pembengkakan kelenjar di leher
* Suara serak
* Pegal-pegal
* Sakit kepala
* Kesulitan menelan
* Kehilangan nafsu makan.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus umunya berlangsung selama lima hingga tujuh hari dan biasanya tidak memerlukan perawatan medis. Perlu diketahui, antibiotik tidak membantu mengobati infeksi virus. Untuk meredakan rasa sakit dan demam, biasanya dokter akan meresepkan acetaminophen (Tylenol) atau pereda nyeri ringan lainnya.
Berikut cara mengobati sakit tenggorokan yang bisa Anda coba.

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan

1. Madu
Sebuah studi penelitian mengungkapkan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk malam hari daripada obat batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif dan bisa membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air Garam
Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Anda bisa membuat larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dan segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih.

3. Peppermint
Semprotan minyak peppermint cair bisa meredakan sakit tenggorokan. Mengandung mentol, peppermint bisa membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan serta batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan. Anda bisa menggunakan minyak esensial peppermint yang dicampur minyak zaitun.

4. Licorice/Akar Manis
Licorice atau akar manis telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Sebuah penelitian menunjukkan jika licorice dicampur dengan air dan digunakan untuk berkumur bisa membantu penyembuhan sakit tenggorokan. Namun ibu hamil dan menyusui disarankan tidak menggunakan licorice untuk mengobati sakit tenggorokan.

6. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikroba pada cuka sari apek bisa memerangi infeksi. Bersifat asam, cuka sari apel bisa digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Cara mengonsumsi cuka sari apel adalah dengan mencampirkan 1-2 sdm cuka sari apel pada satu gelas air, kemudian kumur-kumur.

Obat untuk Sakit Tenggorokan

Ada beberapa macam obat untuk sakit tenggorokan yang bisa dikonsumsi sesuai dosis dan anjuran dokter. Berikut obat untuk sakit tenggorokan yang menjadi cara mengobati sakit tenggorokan:

* Asetaminofen (Tylenol)
* Ibuprofen (Advil, Motrin)
* Aspirin (Dilarang memberikan aspirin kepada anak-anak karena bisa menyebabkan pembengkakan pada hati dan otak).

Anda juga bisa menggunakan beberapa perawatan di bawah ini demi menghilangkan rasa sakit tenggorokan:

Semprotan tenggorokan yang mengandung antiseptik mati rasa seperti fenol atau bahan pendingin seperti mentol atau kayu putih
* Pelega tenggorokan
* Obat batuk.

Sementara obat untuk sakit tenggorokan yang bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan akibat GERD antara lain:
- Antasida seperti Tums, Rolaids, Maalox, dan Mylanta untuk menetralkan asam lambung.
- H2 blocker seperti cimetidine (Tagamet HB), dan famotidine (Pepcid AC) untuk mengurangi produksi asam lambung.
- Penghambat pompa proton (PPI) seperti lansoprazole (Prevacid 24) dan omeprazole (Prilosec, Zegerid OTC) untuk memblokir produksi asam.
- Kortikosteroid dosis rendah juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, tanpa menimbulkan efek samping yang serius.

Jika Anda sudah mengonsumsi obat-obatan dan sakit tenggorokan tak kunjung sembuh hingga tujuh hari - atau mengalami demam, nyeri saat menelan, terdapat bintik merah pada langit-langit mulut, dan amandel bengkak serta berwarna merah – sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Itulah penyebab dan cara mengobati sakit tenggorokan, tetap jaga kesehatan ya!

Referensi:

Mayo Clinic. 2021. Sore Throat.
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/diagnosis-treatment/drc-20351640

WebMD. 2020. Remedies for Sore Throat.
https://www.webmd.com/cold-and-flu/remedies-for-sore-throat

Healthline. 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.
https://www.healthline.com/health/sore-throat

CDC. 2021. Sore Throat.
https://www.cdc.gov/antibiotic-use/sore-throat.html

Posting Komentar untuk "Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan"